Welcome here friends!
________________________________________
This blog is dedicated to someone there, my inspiration, my sun, my bias, my eternal love

________________________________________

Best regards, D.K. thx guyz

Cari Konten Blog Ini

Wednesday, December 30, 2009

Xmas : Tuhan Ga Cuma Ngasih Teori, tapi Bukti!

Yeah, it's Xmas.. udah setahun dari natal tahun kemarin dan akirnya sekarang gw bisa menikmati damainya natal lagi. yeah, natal emg hari yang paling gw tunggu2. lebih dari hari ultahku sendiri. apalagi malam natal. rasanya beda aja sama hari2 biasa. i feel more peaceful. hehe!

Yeap, dulu waktu kecil kalo natalan, yang gw (ato org kebanyakan) inget adalah sinter klas, pohon natal, hadiah2 dan makan2, kumpul2 bareng teman n keluarga, pesta2, dll. Intinya bersenang2 duniawi. Ga sedikit jg orang yang kalo ditanya apa makna natal, jawabannya ya ga jauh dari hal itu tadi. tuker2an kado, kumpul brg kluarga n makan2.

Itu emg apa yg dulu sering gw pikirin ttg natal. Tapi sekarang setelah gw dewasa (ceile!), gw mulai ngerti makna natal yg sesungguhnya. Yeap, natal emg selalu membawa sukacita. Mulai dari kegiatan yang menyenangkan, makan2an enak, liburan, dll. Tapi sukacita yg sebenernya harus gw tau n gw simpen dlm diri gw adalah.. Tuhan yang LUAR BIASA itu, sudi merelakan diriNya jadi manusia untuk menyelamatkan kita, manusia.

Natal adalah peristiwa kelahiran Yesus. And smw tau kalo Tuhan itu adalah Allah sendiri. Gampangnya, Tuhan turun kedunia dalam wujud manusia dan dilahirkan oleh Maria n Yusuf. Dan  kelahirannya bukan cuma main2 pingin ngerasain jadi manusia, tapi karena punya tujuan yaitu Menebus dosa manusia.

Btw, kalo dipikir2, hal ky gitu tu konyol banget! mana ada Tuhan yang merendahkan diri sendiri n mau2nya jadi manusia (yg pada akirnya) cuma buat disiksa, dipermalukan n digantungin di atas kayu di hadapan bnyk orang?!! But that's absolutely not ridiculous! Yap, menurut gw itu hal paling luar biasa yang pernah Tuhan lakukan! Bayangin, mana ada raja or presiden or pemimpin yang sekarang mau merendahkan diri n merasakan hidup bagai orang susah! bahkan berkorban buat rakyatnya! yang ada sekarang orang2, bahkan ga jarang pemimpin berlomba2 mencari kekuasaan yg lebih tinggi! sampe2 cara yg salah pun dilakukan (ga perlu sebut sapa ;p)! Coba aja kalo pemimpin mau sedikit berkorban, membagikan sedikit dari gajinya ke orang2 miskin. ato yang lainnya. n coba kalo kita semua bs ky gt. pasti dunia bs lebih baik.

yeap, di alkitab mungkin terkesan kalo Tuhan selalu memberikan perintah2 untuk kita turuti tanpa memandang susahnya jadi manusia yang "ga sempurna" yang belum tentu bisa menjalankan semua perintahnya. Tapi, ternyata Tuhan itu ga cuma Tuhan yang bisa berteori, memerintah, n mengatur. tapi Dia juga memberikan bukti, dengan mau merasakan susahnya jadi manusia. dihina, disakiti, disiksa, dan akirnya mati sengsara, hanya demi nyelamatin manusia n menebus manusia dari dosa. Oh My God! you really remind me.. who i am to judge?!

How Great the Lord! I will never doubt You as my Lord!

Makasih Tuhan, buat semua yang udah Engkau lakukan. Ajarkan aku untuk bisa mengasihiMu dengan setulus hati, bukan karena surga yg udah Kau beri, tapi karena ucapan syukurkku dan erinduanku untuk menyembah, memuji, serta memuliakan Engkau..

Happy birthday Jesus, my Great Lord.. 

------------------------------------------------------------------------------
credits : My Lord, Jesus for this joyful n beautiful Xmas
               http://friends18.com  for the pic
------------------------------------------------------------------------------

Saturday, December 26, 2009

Perbaikan Responsi Prak Ekonometri A

Boyz n Girlz, soal n data perbaikan responsi bisa di download  >> di sini <<


paling lambat dikumpul tanggal 3 jan 10 softkkp ke email saya --> dxd_mail@yahoo.com  (dicatet ya! di file download ga ada).


Klo ada yg mo ditanyakan, silahkan komen.
T_Q!

Ok, bogirlz, bye for now..

Sunday, December 20, 2009

Kasus Luna Maya Bikin Gw Emosi!

Bentar.. Sebelum mulai nulis, ada yg mo saya nonaktifin. trrtt.. trrrtt.. --saya - kmu mode off-- tuutt tuuutt..

Oke, bs dimulai..

Karena sering nganggur kalo pagi, akir2 ini gw jadi sering nonton infotainment. Dan semua pasti tahu kalo saat ini berita yang paling hot adalah kasusnya luna maya. Yayaya.. kalo diliat2, kasusnya ini masih sodaraan sama kasusnya prita mulyasari yaitu ada hubungannya sama pencemaran nama baik.

Berdasar info yang aku dapat dari infotainment n berita, katanya luna maya udah menghina dan menjelek2kan infotainment lewat status akun twitternya. Intinya yang ditulis lunamaya tuh ky gini

"Infotemnt derajatnya lebih HINA dr pd PELACUR, PEMBUNUH!!!may ur soul burn in hell"


OMG! Kata2nya berani jg ya!



Tapi, emg knp sih dia ky gt? Menurut yang gw tau, alasannya karena wartawan terlalu maksa dlm mencari info. Padahal dia baru gendong anak n kburu2 or capek gt. Trus, sampe akirnya kepala anaknya kejedhot kamera wartawan. (bener ga sih ini??)

Akirnya karena tulisan luna di twitter itu, dia dituntut sama PWI dengan kasus pencemaran nama baik. Tidaaaakk!!!!! dari situ gw mulai emosi!!! 

yang bikin gw emosi adalah, sekarang, dikit2 nglapor ke polisi. padahal masalahnya bukan masalah yg berdampak besar (klo ga dibesar2in sendiri lhoo). Sama ky kasusnya prita yg berawal dari tulisan di internet. Padahal cuma nulis pendapat n yang dirasakan, masa pake dituntun segala! Ck3x!!! Klo menurutku rada berlebihan. Kenapa? karena coba aja klo ada orang yang ngumpat trus dilaporin. Kan semua orang seindonesia bakalan tuntut menuntut karena gw yakin semua orang juga pernah mengumpat orang lain walopun cm sekali.

Terus, klo ditanya siapa yg gw dukung?? hmm.. ga ada.. tp gw cenderung dukung luna maya. Hhehehe! Tapi, menurutku dua2nya jg salah. Lunamaya salah krn sbg publik figur kurang bisa menempatkan kata2nya. n infotainment jg salah, karena suka ngejar2 artis padahal artisnya udah capek. kadang2 malah sampe maksa. dikejar sampe mobil, ditanya2in mulu. Kadang gw pernah nanyanya jg rada2 nyindir. Dan, klo ngomong tentang tingkah laku infotainment terutama sebangsa paparazi gt, jadi inget kejadian tewasnya lady day yang katanya akibat paparazi jg. ck3x!

Untuk masalah ky gini, biasanya yang terpojok itu artis. Bnyk jg yang bilang klo artis tu ga boleh njelek2in infotainment krn artis dibesarin sama infotainment.. yeap, emg bener bgt! tanpa infotainment, artis tu tumbuhnya lama. weits, tapi bukan berarti ga bisa tumbuh lho! secara msih ada media info yang lain ky iklan, berita, dll. Dan, sama juga ky artis yang butuh infotainment utk ngebesarinnya. Infotainment jg tetep butuh artis! Intinya infotainment hidup dari artis. Nah lho! Ga ada artis pasti infotainment bakalan mati karena kan yang diberitakan tentang artis semua.  bahkan termasuk aib2 nya bs dibeberkan secara jelas! So, Menurut anda, mana yang lebih membutuhkan??!!

Huh.. sampe sekarang gw klo liat beritanya msh rada2 emosi ga jelas jg. Menurut gw, semuanya terlalu berlebihan aja. Orang marah2 kok pke dilaporin ke polisi sgl. O iya, smg aja tulisan gw ini jg ga bakal dilaporin ke polisi!

yeap, nmrt gw lg, banyak jg yg bisa kita ambil dari hal ini..

pertama..  kontrol emosi! ur mouth is your tiger
kedua... jangan gegabah! semua bs dibicarakan
ketiga.. positif thinking! semua ada alasannya

ok, guyz, gt aja! Bye 4 now

-------------------------------------------------------------------
credit : kapanlagi.com for the pic
-------------------------------------------------------------------

Sunday, December 13, 2009

Lampu Lalu Lintas : Sekali merah, seterusnya merah, dan Sebaliknya

Setiap kali naik motor n lewat lampu lalu lintas, tau ga apa yang selalu saya pikirkan? yang saya pikirkan adalah perkataan seseorang yang saya lupa siapa. tapi sepertinya sih guru SD saya dulu, pak winarto. Katanya, sekali kita kena lampu merah, maka seterusnya jika lewat lampu lalu lintas kita akan terus kena lampu merah. Begitu pula kalo kena lampu hijau. Hehe! Percaya??

Waktu pertama denger kata2 itu, yang saya pikirkan bukan rasa percaya ga percaya, tapi pingin mencobanya sendiri. hehe! Dan setelah saya bisa naik motor sendiri, saya selalu memperhatikan kata-kata guru saya tadi sampe sekarang. hehe! Dan ternyata, hal itu ada benernya juga. Contohnya tadi, waktu saya berangkat ke daerah bintaran di kabupaten GunungKidul.

Untuk ke sana, saya melewati 11 lampu lalu lintas. hehe! Nah, 5 lalu lintas pertama, saya selalu dapet lampu hijau! Yaaayy!! Pas banget karena saya telat berangkat nya. Saya jalannya rada ngebut dengan kecepatan konstan sekitar 80km/jam. Tapi, karena tiba2 waktu sampe di daerah kebun binatang Gembiraloka jalannya macet, jadi ga bisa secepat sebelumnya. Nah, dari situ baru dah dapet lampu merah! Tapi nyaris dapet lampu hijau. Coba kalo tadi ga macet, pasti dapet lampu hijau! (Maksa!). Nah, ternyata bener, setelah dapet lampu merah, seterusnya tetep aja aku dapet lampu merah mulu! Tapi untungnya pas lampu merah itu, saya jalannya belok kiri, jadi, ga usah pake nunggu lampu hijo. (Soalnya ada bbrp lampu lantas yang klo belok kiri ga perlu nunggu lampu hijau).

yeap, Begitulah. Hal ky gto udah sering saya alami. jadi setiap mo pergi, ke kampus, ke rumah sodara, ke luar kota, dll, saya sering banget merhatiin lampu lalu lintasnya. hehe! Jadi, kalo sekali dapet hijau, seneng bgt dah, karena menurut pengalaman saya, saya akan dapet lampu hijau terus. hehe!

So, ini dia teori baru yang gw temuin --> Jika kita mengendarai motor dengan kecepatan konstan, maka sekali kita mendapat lampu merah/hijau, seterusnya kita akan mendapatkannya. Hohoo!

---------------------------
credit : pak win, guru kelas 5 SD Bhayangkara I Yk & http://www.faqs.org/photo-dict for the photo
---------------------------

Friday, December 11, 2009

Hat's Off! Persahabatan Sejati Seekor Anjing

Hey brother n sister, menurut kalian, apa itu persahabatan?

Terus terang dari lahir hingga sekarang, saya ga pernah merasa punya sahabat. Mungkin saya sendiri juga ga tau seperti apa persahabatan itu. Tapi, selama ini, saya menganggap yang namanya persahabatan itu adalah, ada dalam suka dan duka. Tapi, hal ky gitu jarang bgt saya lihat dari orang-orang di sekitar saya.

Akan tetapi, sewaktu browsing2 di internet, sy menemukan kisah nyata persahabatan yang sangat keren! Dan ironisnya, itu saya temukan dari seekor anjing.

Ceritanya adalah tentang seekor anjing yang menjaga temanya yang mati tertabrak mobil. Seekor anjing tersebut duduk menjaga di sebelah temannya yang mati itu. Dengan susah payah, anjing itu berusaha memindahkan temannya yang mati tadi ke pinggir jalan.  Beberapa kali ia jugab erusaha membangunkannya. Namun anjing itu tidak cukup kuat untuk melakukannya.

Saat itu banyak orang yang melihat ingin menolong. Tapi anjing itu menyalak dan mengusir orang2 yang mendekat. Walaupun saat itu lalulintas cukup padat, ia tetap berusaha memindahkan temannya itu. (red : mungkin anjing itu mengira orang2 itu akan mencelakainya) Di situ banyak orang yang melihat dan merasa terharu melihat apa yang sedang dilakukan anjing itu.

here are the photos


 


Hks.. sumpah, saya pingin nangis setiap nglihat fotonya. Dari situ terlihat betapa setia dan mengasihinya anjing itu terhadap temannya. walopun di tengah jalan yang ramai, ita tetap berusaha memeindahkan temannya itu. Dan yang lebih parahnya, look guyz, it's just a dog!  Just?? I think the dog is more than just "a just".

Yeap, yang terpenting adalah bukan bagaimana kita punya orang yang menganggap kita sahabat, tapi bagaimana kita menjadi sahabat sejati dari orang lain.

Hat's off boy!



---------------------------
---------------------------

Thursday, December 10, 2009

Hari Anti Korupsi : Sayang hanya sehari..

Tanggal 9 Desember kemarin saya ga sengaja nonton TV dan hampir semua berita isinya tentang demo anti korupsi. Dari situ saya baru tau kalo tanggal 9 Desember kemarin itu adalah hari anti korupsi sedunia. Menurut berita yang saya lihat, ada beberapa lembaga pemerintah seperti kejaksaan agung, dll nya yang merayakan dengan cara pake baju batik dan makan nasi aking yang semuanya itu menyimbolkan  kesederhanaan dan rasa prihatin rakyat terhadap korupsi2 yang merajalela. Tapi yang "lucu" sepertinya perayaan seperti itu masih kalah populer daripada demo2 yang dilakukan berbagai pihak sampe2 terjadi kerusuhan. So, berita isinya cuma tentang demo2 yg terjadi di mana2!

Yeap, kalo saya sendiri sih ga ada yang spesial dari hari anti korupsi, kehidupan saya msh sama ky hari biasanya. Tapi, tadi sewaktu saya mengerjakan tugas kelompok dengan teman2 saya, ada teman saya namanya Ikhsan yang nyeletuk "kok hari anti korupsinya cuma sehari itu lho!". Hm.. pertama saya nanggepinnya biasa aja.
Tapi, setelah sy pikir2, celetukan itu keren jg. Sama ky temen2 yang lain jg. Mereka juga mikir kalo yang dikatakan ikhsan tadi emg bener.

Coba deh dipikir. Kalo hari raya idul fitri, kita ngrayainnya cm 1 hari, dan selain itu, pastinya kita ga ngerayain ato ga idul fitrian donk! Sm juga ky hari2 raya lain (natal, 17 agustus, dll). Klo itu sih wajar. Tapi, kalo hari anti korupsi.. hmm.. berarti selain tgl 9 Desember, kita ga anti donk sm korupsi. Pantesan aja korupsinya gila-gilaan! hahaha! Secara yang ga korupsi cuma tanggal 9 Desember doank. Mungkin pemerintah lebih baik menetapkan kalo tiap hari adalah hari anti korupsi.So, kan bagus juga tuh kalo pejabat di lembaga pemerintahan pada makan nasi aking dan pake baju batik yang sederhana2 gt tiap hari. Sapa tau uang yang harusnya buat beli barang2 mewah ditabung n disumbangin ke rakyat ga mampu. hehe!

Hidup hari anti korupsi!!!

--------------------------
credits : my pren ikhsan for the idea n magazine.wordpress.com for the pic
--------------------------

Tuesday, December 8, 2009

OMG! Bulan Raksasa!

Pernahkah kmu melihat bulan dengan ukuran jumbo??? Saya pernah! 

Ceritanya, saat itu saya dan teman saya baru keluar untuk pinjem film karena bosan di asrama tempat kami menginap saat KKN. Waktu itu saya naik motor berboncengan dengan teman saya. Waktu sampe daerah Kepuh (nama daerah di jogja), Sambil mengedarai motor, saya iseng-iseng aja liat2 pemandangan kota tengah malam.  Waktu itu saya ga sengaja saya liat ke arah langit dan kaget banget karena tiba-tiba dari balik pepohonan samar-samar saya melihat lingkaran yang besaaaar banget!!! (Kira2 ukurannya sampe 8 kali bulan biasanya!) Kirain balon iklan yg suka di pasang di atas hotel/mall2 gt. Ternyata setelah diamat2i lagi, eh ga taunya itu bulan! Gila, saya belum pernah ngeliat bulan ukurannya sebesar itu! Karena kaget keheranan, saya kmdn nyuruh temen saya untuk lihat juga, tapi pas temen saya lihat, bulannya ilang! Dududu..

Sempet waktu itu mikir rada aneh, saya ini tadi bener liat bulan ato apa ya! Hehe! Terus sy mikir mungkin bulannya ketutup awan ato ketutup pohon n bangunan2. Setelah itu, saya jadi penasaran terus ngliatin ke langit. Tapi sayang bulannya ga kliatan lagi. Kadang keliatan sih, cuma ga jelas karena emg ketutup pohon dan bangunan2. Sayang sy ga ada kamera, jadi ga dpt fotonya dah! hehe!


Do U know why?

Beberapa hari kemudian, karena penasaran saya coba cari2 di internet apakah bulan yang saya lihat itu bener2 bulan apa bukan. Soalnya gedhe amat! Hehe! Dan akirnya saya dapet jawabannya! ternyata, fenomena spt itu pernah juga dialami oleh orang lain.

Ini adalah sah salah satu gambar yang diambil
(credit to shay stephen)


Hal seperti ini biasa disebut fenomena Giant Moon Ilussion, yaitu salah satu ilusi optikal dimana bulan nampak lebih besar jika berada dekat ufuk (horizon) daripada ketika bulan berada di tengah2 langit.

Terus, kenapa bisa seperti itu? Sampe sekarang, para ilmuan masih belum bisa memastikan alasannya.Tapi ada beberapa penjelasan tentang hal ini.

Lihat gambar


Gambar di atas terdiri dari gambar 2 garis vertikal yang memusat (seperti saat kita melihat rel kereta api) dan 2 garis kuning horizontal. Efeknya, garis kuning yang berada di atas terlihat lebih besar daripada yang di bawah. Hal ini sering disebut ilusi ponzo (Ponzo diambil dari nama orang yang pertama menggambar gambar ini).

Menurut beberapa ilmuan, giant moon ilusion merupakan salah satu contoh dari ilusi ponzo, dimana pohon dan bangunan2 merupakan garis memusatnya. Benda2 yang berada di bagian depannya itu kemudian membuat otak seolah2 berpikir bahwa bulan memiliki ukuran yang sangat besar.

Tapi, penjelasan itu ga sepenuhnya tepat karena pilot yang sedang terbang dengan sangat tinggi juga melihat ilusi ini, padahal ga ada benda2 yang berada di depan bulan yang diliat. Terus, apa yang menyebabkan pilot melihat ilusi itu? Hal tersebut mungkin dikarenakan bentuk dari langit. Pilot tadi ngerasa langit yang kita lihat seperti kubah itu diratakan, so puncak kubah/langitnya semakin dekat dan horizonnya tetap jauh. Hal tersebut cukup meyakinkan. benda (burung/pesawat/awan) yang terbang di atas kepala kita lebih dekat daripada yang terbang dekat horizon. So, saat bulannya dekat dengan horizon, otak berpikir seperti saat kita melihat burung tadi sehingga menyebabkan kesalahan dalam mengukur ukuran dan jarak bulan yang sbenarnya. Lebih jelasnya liat aja gambar berikut :




Nah, begitulah akirnya pertanyaan sy terjawab. Walopun sebenarnya masih rada2 bingung XD



Credit for the answer : http://science.nasa.gov

Saturday, December 5, 2009

Kegiatan Baru di Hari Sabtu (Batal Edition)

Yayaya! kembali lagi ke hari Sabtu dimana saya dan temen2 fasilitator lain akan mengajar di sangar Sidomulyo 2. Beberapa hari sebelumnya kami sudah mempersiapkan kegiatan2 yang akan dilakukan di sana dan tema nya kali ini adalah, yeap, merencanakan kesenangan (masih ada hubungannya sm tema kedamaian yg kemaren)

Our Activity Plan

Kegiatan di kelas kecil --> Hari Kamis, saya, Cahya dan Flo udah merencanakan beberapa kegiatan. untuk kelas kecil, rencananya akan bersama2 membuat kartu ucapan Natal. Ntar kartu itu bisa diberikan pada teman/ortu mereka. PEralatannya kami sediakan. Anak2 cuma disuruh bawa crayon/pensil warna. (Btw, ada ga hub sama temanya??? hehe!) Untuk yang kelas kecil, Flo jadi PJ (penanggung jawab) nya.

Kegiatan kelas besar --> nah, untuk yang kelas besar, kegiatannya agak beda, yaitu mini outbond dan belajar merencanakan sesuatu, yaitu kesenangan! Horee!!! (XD) yang jadi PJ untuk kelas besar adalah saya. Hohoho! Rencananya ada 3 permainan dan satu kegiatan tambahan yaitu merencanakan kesenangan tadi. Keigatan2 tadi dibagi menjadi 4 pos, sbb :

Sebelum mulai, anak2 akan dibagi jd beberapa kelompok, yg msg2 trdr dr 5-10 anak.

Pos 1
Permainan Memasukkan paku ke dalam botol
Permainannya gampang2 susah. Siapkan 8 tali yang panjangnya sekitar 2 m masing2nya. Ikatkan salah satu ujung tali di paku tsb (semua tali diikat ke paku). Setelah itu, ikatkan ujung yang lain ke pinggang peserta (masing2 tali ke satu peserta). Setelah itu, bersama2, peserta harus memasukkan paku yang terhubung dengan tali ke dalam botol.

Pos 2
permainan Lomba memindahkan kelereng
Inti permainan ini memindahkan sejumlah kelereng dengan sendok dari suatu tempat ke tempat lain yang sudah tersedia (ky lomba 17an itu lho! hehe). Tapi karena ini permainan kelompok, jadi ada sedikit variasinya. jadi, nanti peserta diminta berdiri di berjajar (klo di baris-berbaris, namanya bersaf ;p). Kemudian, kaki peserta diikat dengan dengan kaki teman sebelahnya (jika ada) manggunakan tali. mengikatnya di pergelangan kaki. jadi, misal kaki kananmu diikat dengan kaki kiri teman di sebelah kananmu, dan kaki kirimu diikat dengan kaki kanan teman sebelah kirimu (?_?). Setelah itu, salah satu peserta diberi sendok untuk memindahkan kelereng dari tempat satu ke tempat yang lain.

Pos 3
permainan menyeberang dengan kayu.
Karena sepertinya kelamaan kalo banyak permainannya, jadi yang ini aku batalkan! hohoho!

Pos 4
merencanakan kesenangan
Klo yang ini bukan permainan. Intinya, tiap kelompok diminta merencanakan kegiatan yang menyenangkan untuk tahun baru di sekolah. Nanti dituliskan detailnya seperti kapan, bagaimana, peserta dan lain2 tentang kegiatan yang akan dilaksanakan. Semua di tulis di kertas dan dikumpulkan. nanti setelah selesai mengikuti semua game, salah satu kegiatan yang kami anggap paling menarik akan dipresentasikan, tentunya oleh pembuat kegiatan tersebut. Teknisnya, nanti dibijin sperti acara pers konference gt. hehe!  Di kegiatan ini, diajarkan bagaimana untuk merencanakan sesuatu secara bersama-sama untuk kesengangan bersama jg. kemudian saat presentasi, anak2 juga dilatih untuk menghargai teman yang sedang berbicara serta mengerti etika saat ada yang presentasi. hohoho!

begitulah rencana kegiatan kami.

Berangkaaat..
dan pada akrnya, tadi saya jam 9.20 berangkat. Sebenarnya kami berencana kumpul dulu di deket SD  jam 9.30 untuk koordinasi dengan teman yang tidak datang pada rapat, yaitu agung n dani. Tapi ternyata semua sehati, yaitu telat!!! hahaha! so, kami semua langsung ke SD.

Spt biasa, saya yang datang pertama. tapi.. ada sesuatu yang mengusik hati ini (XD), kok ada anak2 yang udah dijemput ortunya ya. biasanya kan jam segini masih di kelas. yeap, mungkin izin kali. Hehe! Tapi, setelah parkir motor, kok yang pulang anak2nya tambah banyak!!! Ada apa gerangan??? --- Kemudian, baru sampe sebentar, mb cahya dll dateng juga. Mereka keliatan bw banyak perlengkapan untuk sanggar hari ini. Sampe di sana, ibu XXX (lupa namanya) memebritahu bahwa hari ini tidak ada kegiatan sanggar.. krik.. krik.. krik..


Ooohh My GOD!, aku teriak dalam hati! Ternyata hari ini dipulangkan karena seninnya ada THB. Tapi karena pihak sekolah tidak tahu nomor kami, jadi mereka juga tidak bisa menghubingi. Hehe!
ya sudahlah, gpp. Kami bisa mengerti. Lagian kami juga memang jarang koordinasi dengan guru2nya juga. Beginilah jadinya.

Di sana kami duduk2 sebentar dan ngobrol2 dulu bareng pak kepsek n guru2 lain sekalian koordinasi untuk kegiatan sanggar berikutnya. yaya.. dan ternyata, 3 minggu ke depan kami tidak ada kegiatan sanggar. Hks.. ga bs ketemu tmn2 fasilitator n anak2 n ibu2 gurunya donk. Jadi, intinya saya nganggur sabtu. dan yang lebih bikin sedih, income berkurang ;p

habis itu kita lgs pulang..
yaa, segitu aja cerita kegiatan saya hari ini. Sampe ketemu lagi!

Friday, December 4, 2009

Susahnya Hidup tanpa Hape

Long Boring Waiting..

Susahnya hidup tanpa hape! Kemarin saya dibuat menunggu 1 jam lebih gara2 hape (handphone) saya mati kehabisan batere.

Sebenarnya saya ada janjian dengan teman untuk merencanakan kegiatan hari Sabtu besok. Sebelumnya kami sudah janjian ketemu jam 4 sore di depan Gloria Graha tempat kami biasa rapat. Tapi, biasanya saya sms untul mengecek lagi apakah jadi ketemuannya. Jam 4 sore saya langsung cabut dari kampus ke tempat itu. Sampe di sana, ternyata seperti biasa, blm ada yang dateng!  Dari awal saya sudah ada firasat kalo pasti bakalan telat datangnya. Saya kira hanya 15 menit saja telat datangnya, tapi ternyata setelah 15 menit ga ada satu pun temen yang dateng. Yayayaya.. tidak apa-apa. Saya berpikir bahwa mereka sepertinya memang akan telat 30 menit (teman2ku itu memang kadang suka telat kalo suruh kumpul, pernah sampe 30mnt XD).

Sambil menunggu, saya ngobrol dengan bapak penjaga di sana. Ya, obrolan basa-basi gt. hehe! Kami mengobrol tentang kegiatan yang aku lakukan dengan temanku itu. Sesekali saya juga mencoba menghidupkan HP saya lagi dengan tujuan sms teman saya itu menanyakan dia dimana. Baru nyala sebentar, eee.. hape udah mati lagi. Sigh...

Ya udah deh, akirnya saya menunggu lagi sampe jam 16.30. Tapi sampe jam segitu temen saya belum muncul2 juga! Saya sudah mulai berpikir pasti teman saya sms saya jika kegiatannya diundur. Tapi, karena setengah jam sebelum jam 4 tidak ada sms pengubahan jadwal, akirnya saya tetap bersabar menunggu. untung di deket situ ada pos penjaga dan ada TVnya jg. Jadi  ga bosen2 amat!

Akirnya jam 5 kurang 5 menit, kesabaranku ahbis dan akirnya saya pulang. Setelah sampe rumah, saya charge hape saya dan memang banyak banget sms yang pending saat hape saya mati termasuk sms dari teman saya yang mengubah jadwal ketemu menjadi jam 17.30. APAAAAA??!!! Tau gitu mending tadi ngadem dulu di kampus sambil ngenet!

HP is human's part..

Ternyata sekarang orang akan kebingungan kalo ga ada hape. Sama spt pengalaman saya barusan. Waktu hape saya mati, saya mulai bingung, mo pulang ngecharge hape dulu ato tetap menunggu. tapi karena nanggung mau pulang, saya milih nunggu deh! hehe! Tapi ternyata salah pilih XD ! 

HP juga bikin orang tambah males sepertinya. Buktinya, bnyk orang yang mau ngasih info ke tempat teman yang rumahnya sebelah rumah aja harus sms (seperti saya jg XD).

yang jelas menurut saya semua udah berubah  Semenjak ada hape. Dulu masalah yang bisa diselesaikan tanpa hape, sekarang jadi ga bisa. Mau ngapa2in harus bawa hape. Jadi kaya punya ketergantungan gt. jadi waktu ga ada hape, bingungnya minta ampun.


 Tapi, tetep sih, i love handphone!

Wednesday, December 2, 2009

Perbaikan Laporan Prak Ekonometri I

Tmn, tugas perbaikan laporan praktikum ekonometri bisa didownload di --> sini
Tugas paling lambat dikumpul hari senin tanggal 7 des 09 pada saat praktikum atau dikirim lewat email ke : dxd_mail@yahoo.com

tugas softkopi. keterangan lebih lanjut ada di soal. Kerjakan selengkap2nya yaa!
Hohoho!

T_Q!

Monday, November 30, 2009

The Best Song Ever!!!

Tiap orang pasti punya musik n lagu kesukaannya masing2. Nah, sama kaya saya nih. Ada lagu yang menurut saya sangat bagus, bahkan lagu itu menjadi lagu favorit saya. Lagunya Berjudul Whisper In the Dark yang dinyanyikan oleh Skillet.

Ini video klipnya


How i knew it?
Haha! Sebenarnya saya juga kebetulan aja nemuin lagu ini. Saya tu termasuk orang yang suka download2 video dari youtube. Saat itu saya sedang download cuplikan video dari acara gulat pro, WWE smackdown ;p karena saya juga suka banget nonton acara itu (syg skrg udah g boleh diputar di indonesia). Nah, cuplikan dari videonya itu dikasih backsound lagu whisper in the darknya skillet. Awalnya saya ga tau lagu itu judul n authornya sapa, tapi karena udah jatuh cinta pada pendengaran pertama, saya cari2 tahu aja. untungnya di comment video itu ada yang ngasih tahu judul dan penyanyi lagu itu. Akirnya saya cari lagunya juga lewat youtube. Hohoo! (i hope it's not a piracy XD)
 
Why i love it?
Biasanya dari sebuah lagu, yang saya sukai pertama ialah nada dan musiknya. Sama juga kaya lagu ini, nadanya GUA banget dah! Cenderung ke arah minor and emotional. Selain itu musiknya keren bgt! It rocks my body and soul, my heart and mind! Tekanan2 dan hentakan setiap alat musiknya tuh kerasa bgt!
Selain dari segi musik and nada, yang saya suka ialah, suara dari vokalisnya!! Wah, tipe2 suara yang gw suka! Really rockin'! Serak2 powerful gtoh hahaha!
Dan yang terakir ialah liriknya. Biasanya lirik dalam lagu yang saya sukai ga terlalu saya pikirkan. Tapi, lirik lagu yang ini bener2 keren gila!!! Saya bisa terharu bgt kalo baca ato nyanyiin liriknya! it's like the lyric plays my emotion. Ini dia liriknya :

"Whispers In The Dark"

Despite the lies that you're making
Your love is mine for the taking
My love is
Just waiting
To turn your tears to roses

I will be the one that's gonna hold you
I will be the one that you run to
My love is
A burning, consuming fire

[Chorus:]
No
You'll never be alone
When darkness comes I'll light the night with stars
Hear my whispers in the dark
No
You'll never be alone
When darkness comes you know I'm never far
Hear my whispers in the dark

You feel so lonely and ragged
You lay here broken and naked
My love is
Just waiting
To clothe you in crimson roses

I will be the one that's gonna find you
I will be the one that's gonna guide you
My love is
A burning, consuming fire

(credit for lyric goes to : http://www.azlyrics.com)

Yeah, begitulah liriknya. Intinya lagu ini memberi pesan bahwa dalam keadaan apapun, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita dan Ia selalu ada bagi kita yang dituangkan dalam lirik yang beautiful n cool! Dan yang lebih saya suka lagi, lagu ini menggunakan perspektif Tuhan, so, seolah2 yang nyanyi lagu ini adalah Tuhan secara langsung! 4 thumbs up!!!


Dari liriknya, ini dia potongan yang paling saya suka ..
"No, You'll never be alone! When darkness comes I'll light the night with stars.."
Oohh.,, so touching..


The Point
This is the song that has help me thru my hardest time.. remind me how God really loves me and never leave me despite how contemptible i am! hks.. Loves You, God!

Klo misalnya ada satu kata yang menggambarkan lagu ini, saya memilih POWERFUL!
 


A lil' about Skillet..
Skillet adalah band rohani kristiani yang bergenre hard rock. band yang berdiri tahun 1996 ini sempat berganti2 personil dan akirnya sekarang memiliki 4 anggota digawangi oleh John cooper, sang vokalis. Band ini sejak berdirinya juga telah memiliki 8 album dan berkesempatan 2x menjadi nominee di grammy award. Lengkapnya bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Skillet_(band)

Kegiatan Baru di Hari Sabtu (28/11/09 editione)

Ga kerasa akirnya udah sampe hari Sabtu lagi, hari dimana aku harus pergi ke SD Sidmulyo 2 (SDM 2) untuk memberikan pendidikan kepribadian n pengembangan karakter pada siswa2nya dengan cara yang lebih fun dari sekadar mengajar. Hohoho!

*FYI --> kami para pengajar biasa disebut fasilitator, kemudian tempat belajar kami sering disebut sanggar.

Arrived there..
Seperti biasa aku berangkat jam sekitar jam 9.45. Karena macet, jadi agak telat 5 menit sampenya. Sampai di sana, ternayta anak2 kelas kecil udah mulai mindahin kursi-kursi ke kelas untuk sanggar. Walopun telat, ternyata aku yg nomor satu ampe disana. Temen2 fasilitator yg lain blm nyampe. Sekitar 1 menit mereka baru nyampe. hari ini ada 4 orang yang mengajar sanggar, aku, Flo, Vivi n Dhani. horee! (XD). Sewaktu tiba, kami disambut oleh pak kepsek yang udah lama ga ketemu.

The Activity..
Setelah semua fasilitator datang, kegiatan pun lgs dimulai. Yeap, hari ini aku kebagian jatah mengajar di kelas besar (kelas 4-6) brg sama Dhani karena mengingat kelas besar anak cowonya bandel2 bgt (peace!)!  Untuk tema dan kegiatannya masih sama sperti sabtu lalu. Tapi sekarang dibagikan di kelas besar karena kemarin Sabtu, kelas besar belum dapet tema ini, yaitu tentang karakter kedamaian! Intinya, di sini akan diajarkan tentang pentingnya punya karakter kedamaian dan cara untuk merasakan n memiliki karakter itu, yaitu dengan merasa senang dan tenang.

Sebelum dimulai, aku sempat ngobrol sm anak2 kelas besar, hks, agak down jg setelah tahu mereka pada ga mau ikut kegiatannya (FYI --> cowo2 kelas besar dr awal kbanyakn pd g pingin ada snggar ini.. Ooooo.... T.T).  Alasannya sih cape dsbnya. Tapi setelah aku pengaruhin dikit dengan iming2 ntar ada permainan sepak bola, mereka akirnya batal pulang. Hohohoo!!!

Opening..
kegiatan pertama ialah pengenalan tentang karakter kedamaian. intinya cuma nyampein pentingnya kedamian dsbnya ky yg udah aku sebutin tadi dimana cara untuk dapet feel karakter kedamaiannya adalah dengan merasa senang dan tenang.


How to feel happy???
Untuk menumbuhkan karakter kedamaian tadi, anak2 diajak untuk melakukan kegiatan yang dapat membuat mereka senang. Nah, salah satunya dengan permainan. Kemudian aku dan dhani tanya ke mereka permainan apa yang bs bikin mereka senang. Akirnya yang cowo milih sepakbola dan cewe main ultracon (ato apa ya?? aku jg ga ngerti namanya!).

Untuk anak cowo, permainannya dipandu Dhani, dan untuk yang cewe, aku yang memandu (hohoho!). Permainan sepak bolanya ya ky biasanya. Kalo yang cewe, permainanya ultracon, semacam permainan tradisional. Kalo aku dulu waktu masih SD nyebutnya "boy-boynan". hahah! jadi teringat masa2 SD. intinya anak cewe dibagi jadi 2 tim, satu jaga dan satu bermain. yang bermain menggelindingkan bola tennis ke arah tumpukan pecahan genting. Jika kena, maka yang bermain harus bisa menyusun lagi pecahan gentingnya. nah, untuk yang jaga, harus bisa mencegah yang bermain mengembalikian tumpukan gentingnya dengan cara melempar yang bermain dengan bola tenisnya. intinya gtu. hehe!

How to feel quiet..
Yeap, setelah  capek bersenang2, anak2 kemudian diminta untuk relaksasi dan merasakan ketenangan. Caranya sama spt yang udah diposting minggu kemarin. Hehe! Masih sama kaya permainan juga, yang cowo bareng Dhani n yg cewe bareng gw. Hohoho!

Done..
Setelah semua kegiatan selesai, anak2 dibolehin pulang. Kemudian kami, para fasilitator evaluasi di ruang kepala sekolah. Asiknya, kita sekarang dikasih makan siang, isiny a gulai kambing, secara kemarinnya kan ada idul adha tuh, jadi sekolahnya jg kebagian jatah kambing. Yeap, karena udah kburu pingin pulang, makannan nya dibawa pulang n dimakan di rumah aja. hehe! That's it for today!

My Impression..
Yeap, hari ini lumayan capek karena harus ikut main sama anak2. mana panas lagi. hehe! tapi hari itu aku cukup seneng karena kegiatan hari ini membuahkan hasil. Anak2 cowo yang tadinya rame n bandelnya minta ampun, setelah main n relaksasi bareng dhani, akirnya bisa jadi lebih tenang n nuruut bgt! hahaha! hebat tuh si Dhani! diapain ya anak2nya???!!

 btw, sorry, no pics again for this post

Wednesday, November 25, 2009

2012 (masa) Tidak Boleh Ditonton

Ini dia movie of the month kita, 2012. Yang jelas, semua orang yg udah ato blm nonton pasti udah tau apa isi dari film ini. Secara film ini udah diberitakan di media2 informasi ky TV, radio dll karena efek nya yang keren n topiknya yang kontroversial.

Yeap, walopun aku belum nonton juga sih filmnya (tgu DVDnya kluar aja ;p), aku juga sedikit2 tau kaya gimana filmnya dari baca artikel2, liat trailer n diceritain temen. Kalo yang aku tau, ini filmnya terinspirasi dari ramalan suku Maya (suku di Amerika Tengah, yang terkenal dg tulisan, bangunan dan ilmu astronomi serta matematikanya) yang katanya pada tahun 2012 akan kiamat. Kata orang-orang suku mayanya, hal tersebut karena pada tahun itu, penanggaalan dari suku maya udah habis.

Berdasar yang aku abca, cerita ini tu diawali dari penelitian ilmuan tentang bencana alam hebat yang akan terjadi di bumi. Kemuidan untuk menyelamatkan diri, mereka membuat kapal raksasa dan orang yang ingin naik harus membayar sangat mahal. Akirnya pada tahun 2012, bencana pun terjadi, ada gempa, tsunami dll dan semua daratan hilang kecuali suatu tempat di afrika selatan. Intinya, film ini mempertontonkan bencana n perjalananan tokoh2 filmnya hingga akirnya tsunaminya mereda.

ini nih trailernya


banyak orang yang menangkap kalo isi dari film ini adalah kiamat sampe2 fiml ini jadi kontroversi di Indonesia karena MUI jatim mendesak lembaga sensor film untuk melarang nonton film ini dengan alasan film ini menyesatkan dan membuat resah. hmm.. tapi, emg bener ky gtu ya??

Klo kata MUI Jatim, filmnya meresahkan n menyesatkan.. tp apa ya kata mereka??
..........................................................................

Pertanyan : "Apa tanggapan anda tentang film 2012 dan pelarangan menonton film itu??"

dan  jawaban2 mereka :

Ongky (mhs) : "
hahaha, ra masalah. film'e bosok. ra sebanding karo antriane" (intinya ga masalah krn fimnya jelek XD)

Sofyan (???) : "Gk usah di larang lah! Aq dh nton, byk ngarang2x. Hnya film bncna alam za, Biar qta + sadar za, lo bumi dh mlai rusak"

Sitra (mhs) : "kenapa harus dilarang orang itu cuma film untuk hiburan tontona? orang filmnya keren! klo da orang yang terpengaruh
ya itu orang gebeleg aja! orang disuruh nonton film itu ambil yang bagusnya bukan buruknya gitu" (sabar mbak!! *red)

Yunia (mhs) : "
D larang kn krn dmungkinkn akn tjd slh phm, ntar ad yg pcy bneran kiamat d 2012. Pdhl kn ga ad 1org pun yg tw kpn kiamat. Tp dmpak dgn d larang, membuat org jg mkin pnazaran dgn pilm ini"

ES (Ibu2 Rumah tangga) : "hmm.. ngapain dilarang! kalo orang pinter ga akan terpengaruh film semacam itu"

Cathy Sharon (presenter) : "banyak film yang ceritanya sama"

Adjie Pangestu (artis) : " cuma film n bisa dijadiin renungan"

Eno Lerian : "Gw jadi agak percaya n takut"

Tria (cangcuters) : " Lebih nyeremin liat film jalangkung!"

Giring (Nidji) : "gpp, cuma film"

Uya Kuya (musisi n presenter) :  "orang pinter ga percaya kaya gituan"

Dika Kenrway (yg punya blog ini) : "ga setuju, titik!"

..........................................................................

Itu kata mereka, gimana kata mu??


credits to : wikipedia, insert investigasi

Download Tugas Prak Ekonometri

Temen2, tugas praktikum ekonometri bisa didownload di ---->>>sini!

Selamat mengerjakan.

O iya, jika tau cara lain untuk mengerjakan selain yang diajarkan di praktikum, dipersilakan untuk menggunakannya. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi asprak. T_Q!

Sunday, November 22, 2009

Kegiatan baru di Hari Sabtu (21/11/09 edition)

Yea2! Akirnya kembali ke hari Sabtu lagi dimana aku harus ketemu anak2 SD Sidomulyo (SDM) 2 utk membimbing pelajaran karakter n kpribadian. Beda dari sabtu2 sebelumnya. Hari ini cuaca mendung (Horraayy!!), cuaca yg aku suka. Karena ga panas n udaranya dingin dan sejuk.

Let's go!
Jam 9.40 aku berangkat dari rumah langsung ke SD SDM2. Perjalanannya agak negbut supaya ga telat karena jam 10.00 udah mulai. Akirnya setelah 15 menit, aku sampe sana. Sampenya pas sama temenku yg lain, cahya.

Biasanya, kita mengajar hanya bertiga, aku, cahya n Flo. Tapi, karena merasa kekurangan fasiliator (pengajar), Flo mengajak 3 orang temannya buat membantu karena salah satu acara hari ini adalah sharing kelompok siswa kelas besar yg dibagi ke dalam kelompok2 kecil.

Mulai..
Jam 10.00 acara dimulai. Waktu mulai,Flo dkk belum sampe n karena hari ini Flo megang kelas besar, jadi gpp. Kelas besar mulai jam 10.30. Dan yg megang kelas kecil hr ini adalaaahh, GUA!!! hahaha!

Sebelum mulai, sperti biasa kita ngangkutin kursi dr kelas sebelah. Stlh kursi cukup, anak2 disuruh istirahat 5 menit n yg bw bekal2 kecil blh dimakan.

Selang 5 menit, akirnya flo dkk sampe. Ternyata tmnnya 2 cowo n 1 cewe. nama mereka, agung, dhani n nita. First impression gw, Orangnya baik n ramah2. hehe!

The Activity..
Yeap, krn aku yg megang kelas kecil, jadi aku berbaginya cerita yg di kelas kecil. Hari ini udah mulai ada tema di setiap kegiatan sanggar ini. Tema hari ini adalah, Kedamaian. Intinya, anak2 diajak untuk bisa merasakan kedamaian dimana kedamaian itu biasanya bisa dirasakan saat seseorang merasa senang & tenang. tujuannya ialah krn dengan adanya rasai damai (terutama dg fasilitator), maka hubungan fasilitator n anak2 bs lebih dekat. Selain itu bisa memotivasi anak2 agar tidak nakal. hehe!

Acara pertama..
Acara yg pertama adalah memperkenalkan apa itu kedamaian. Aku menjelaskan tentang apa kedamaian dan manfaatnya. Caranya dengan bercerita dan mengumpamakan/mengistilahkan para fasilitator adalah utusan/tentara perdamaian yang akan bertugas membuat anak2 dapat merasa damai. hehe! O iya, di sini aku dibantu sm Agung n Dhani.


Acara kedua..
yeap, salah satu unsur yang dapat membuat damai adalah rasa senang. nah, untuk mewujudkannya, kami kemudian mengajak anak2 menyanyi lagu yang judulnya "Mendidih". hehe2! Lagu ini mengajak kita untuk selalu gembira. Agar lebih seru, kita menambah gerakan2 hot jg utk nyanyi lagu ini. Puncaknya adalah gerakan "ngebor" nya inul saat menyanyikan kata mendidih. hehe!


Acara ketiga..
Selain menyanyi, kemudian ada permainan. Dari 3 permainan yang disiapkan, ternyata anak2 milih main kucing2an. XD (permainan gw wkt SD jg!). Yeap, krn suasananya mendukung (ga panas), kami kmdn mengajak anak2 kluar.
Permainannya gampang. pasti smw yang pernah SD udah tau. hehe!
Jadi dipilih 4 anak utk menjadi tikus dan kucing (msg-msg 2). kemudian sisanya membuat lingkaran dan saling bergandengan. Lingkaran itu akan jadi kandang kucing. Kucing pada awalnya diletakkan di dlm kandang dan tikus di luar. Tugasnya ialah kucing harus menangkap tikus. Tapi dengan syarat tikus/kucing bisa keluar kandang jika anak2 yang jadi kandang berdiri (kucing/tikus masuk/kluar lewat bawah tangan yg bergandengan). Kalo anak2 jongkok, berarti kucing/tikus tidak bisa keluar/masuk kandangnya.

Acara keempat...

Setelah anak2 merasa senang, kemudian anak2 akan diajak untuk dapat merasa tenang. Cara nya dengan rileksasi. Ya, intinya sih ngrileksin badan aja. tapi, biar lebih jelas (krn anak2 bnyk yg ga ngerti rileksasi tu apa.. hehe!).
Caranya :
anak2 diajak untuk duduk di lapangan rumput. Terus suruh memejamkan mata. Dan fasilitator mengajak mereka untuk membayangkan tempat dimana mereka biasa liburan (di pantai, gunung, hutan, ato dimana aja). Kmdn fasilitator mengajak mereka membayangkan dan merasakan indah n nyamannya suasana di sana. Tambahannya, mereka diajak utk membayangkan bahwa mereka sedang membakar api unggun. Kemudian, karena apinya kecil, mereka disuruh meniup api unggun itu. Tariiikk napaaassss... teruuuss.. teruusss.. tahaaan.. teruuusss... (hehe! g slama itu kalee!) kemudian dihembuskan (pura2nya niup api unggun gt lho!). Kemudain, mereka juga diajak merasakan hangatnya api unggun sehingga otot2 mreka jg rileks.
 yeap, dengan tarik ulur napas tadi, bs membantu mereka agar lebih sante n otot2nya rileks. Klo dirasa udah cukup, ya segera dihentikansblm anak2 tertidur. hehe!

Acara kelima..
 Nah, yg kelima, anak2 diajak balik ke kelas kemudian diminta untuk menggambar apa yang mereka rasakan, pikirkan ato bayangkan saat rileksasi tadi. begono. gunanya, agar saat anak2 merasa tidak tenang, anak2 dapat melihat gambar tersebut dan kembali menjadi tenang.. (ngefek ga sih?? XD)

Bottomline..
Yeap, intinya  itu kegiatan yg kami lakukan di kelas kecil. Klo kelas besarnya aku ga terlalu tau. tapi intinya hampir sm. tambahannya cuma jalan2 kluar sekolah n sharing. hehe!

Kesan n pesan..
Spt biasa, klo kelas kecil sih asik anak2nya n nurut2. ya, adalah beberapa yg sdkt bandel terutama yg cowo ky si bayu. banyak maunya! hohoho! namanya jg anak2! Kynya kegiatan2 hr ini cukup sukses krn anak2 terlihat antusias bgt. hooohohoho!

Pulang..
Yeap, setelah selsai spt biasa, kami makan snack yg udah disediakan sekolah sambil evaluasi. trus pulang dah.!

]
btw, no camera, no picture again.. hks.. padahal seru klo didokumentasikan. Kpn2 pinjemin kamera doonk!!!

Tuesday, November 17, 2009

Tidak Ada Air di Musim Hujan


Wah, tadi pagi rencananya aku mo ke rumah temen buat pinjem tugas. Tapi semuanya terhambat gara2 ga ada air buat mandi. Sebenernya masih ada sih airnya. Tapi cuma sedikit banget. Kira2 1/8 bak mandi plus 1/5 ember besar. Kalo mau sih sebenarnya juga bisa buat mandi. Tapi ntar kalo habis, ga ada persedaan buat nyiram hajat banyak orang ;p

Fiuuhh, tapi ternyata aku terselamatkan oleh sumur tetangga! hohoho! Di sebelah rumahku ada tetangga yg bs dibilang dekat dengan keluargaku. Mereka punya sumur yang dipakein sanyo (pompa air) buat memenuhi kebutuhan air mereka. Walopun itu sumur tetangga, tapi rasanya udah jadi sumur umum. Soalnya siapa aja bisa ambil karena letaknya di halaman rumah (malah bnyak yg ga minta izin). Akirnya aku nimba air dari situ. Lmyn lah, selain dapet air, sekalian fitness gratisan. hohoho!

Ini bukan pertama kalinya air di rumahku mati. Biasanya tiap tahun bisa beberapa kali mati. Malah bisa sampe 2 hari lebih. Tapi, yang aku rasa aneh tu bukan karena sering mati, tapi karena matinya sering di awal musim hujan. Padahal kan logikanya kalo hujan makin banyak airnya. Malah kadang suka kelebihan sampe banjir XD.

How come???
Kenapa ya kok bisa kaya gtu? Jawabannya, aku ga tau. hhe! Tapi, kalo melihat dari kronologis kejadiannya yg seperti ini :
-Aku pke jasa PAM (ato PDAM yaa?) jogja untuk ngalirin air. 
-Sekarang musim hujan
-Sebelum air mati, sempat mati lampu di beberapa tempat di jogja
-Air keran ga nyala/mati
-kalopun nyala sedikit, airnya kotor
 Kalo disambung-sambungin, mungkin penyebabnya :
hujan --> listrik mati (karena tersambar petir) --> PAM yg butuh listrik untuk ngalirin air jadi ga bs menjalankan tugasnya --> air di rumah kita ga ngalir.

Mungkin ceritanya kaya gt. Soalnya berdasar yg aku baca kan kalo listrik mati, pipa2 di PAM ga bisa nyalurin air. Saat air ga ngalir, terjadi endapan akibat karat di pipa penyaluran air sehingga itu penyebab kenapa airnya kalo ngalir berwarna gelap alias kotor. Dan itu sangat berbahaya bagi kesehatan klo dikonsumsi!!! (all credits goes to metro.vivanews.com)

So, biang keroknya adalaaahh --> mati listrik karena hujan 
--Q.E.D.--

My silly cool Tips n Trik :
  • Mencegah lebih baik daripada mengobati --> ini cara paling ampuh. usahakan kita punya penampungan  air (yg permanen ato pke ember besar, dll) supaya saat air tidak mengalir, kita memkai air tampungan. Kalo perlu bikin sumur sekalian. Ato plg ga deketin tetangga yg pny sumur, hehe!
  • manfaatkan toilet umum --> Sblmnya, cari tau apakah ada WC/KM (kmr mndi) umum yg bisa dipake deket rumah elo. Klo air udah habis bis bis, kita tau kemana harus pergi. hehe. Kalo ga ada KM umum, bs pake KM2 tempat umum, spt mall, sekolah, kampus, kantor, dll. ;
Tapi, kalo satu negara kekurangan air?? Makannya, HEMAT AIR donk dari sekarang!

Monday, November 16, 2009

Kegiatan Baru di Hari Sabtu (Nov, 14th 2009 edition)

Yea2! Akirnya hari ini aku kembali melaksanakan aktifitas rutinku setiap Sabtu. Aku bersama 2 orang temanku yang lain kembali mengunjungi SD Sidomulyo 2 (Sdm 2) untuk belajar tentang pendidikan karakter lewat having fun. hehe!

berangkat..
Aku berangkat ke sana jam 8 pagi. Kali ini lebih pagi karena mau mampir ke kos temen satu tim, Flo, yang tempatnya cukup jauh untuk membahas persiapan yang masih kurang. Aku ke sana bersama Cahya, teman satu timku yang lain.

Sekitar hampir setengah jam kita berdua sampai di kos nya di daerah sedayu, kulon progo. di sana kami membahas teknis untuk kegiatan nantinya. O iya, saat membahas, kami juga ditemani segelas air putih n kue kering (coba kalo berwarna airnya, pasti lebih seger! hehe!). Setelah jam menunjukkan pukul 09.30, kita berangkat menuju SD Sdm 2.

Perjalanan ke sana dari kos Flo ga jauh secara lebih jauh ke kosnya Flo daripada ke SD Sdm 2 dari rumahku. Selain itu, Flo udah tau jalan pintas buat ke sana.

Welcome Us!
Jam 09.45 kita sampai. Beda dari minggu sebelumnya, kali ini kamu disambut ibu Guru, bukan bapak kepala sekolahnya. nama gurunya lupa XD, padahal aku udah 2x kenalan.

Sebelum acara dimulai, kami angkat2 kursi dulu karena kursinya kurang. Ga (kok ga ada yg bantuin ya T.T)

Mulai dah!
Sekitar jam 10.00, kegiatan untuk kelas kecil dimulai. Karena hari ini kami belum pake silabus yang ada, maka acara intinya tetep main2! asiik! Secara umum, kegiatan hari itu adalah : pemilihan ketua sanggar (buat yg blm tau, sanggar = nama kegiatan ini) dan games. Untuk pemilihan ketua sanggar, cara memilihnya dengan meminta anak-anak untuk menjadi calon dan memilihnya dengan voting. yeap, cara yg udah sering dipake.

The Activity
Pemilihan ketua & wakil ketua sanggar --> Kelas kecil dan besar sama aja cara milihnya (spt yang udah disebutin tadi). Tapi, antusiasnya beda. Yang kelas kecil lebih antusias. hampir semuanya pingin jadi ketua kelas XD. Dan akirnya, setelah proses berlangsung, terpilih :
  • ketua kelas kecil : indri, wakil : lupa (maap yee)
  • ketua kelas besar : bestri, wakil : lia
Tugas keduanya cuma ngabsen peserta sanggar n menjaga ketertiban saat sanggar berlangsung aja.

Untuk kegiatan kedua, kelas kecil n besar beda. Kelas kecil permainan Berdiri-duduk dan kelas besar adalah Reporter Cilik.

Berdiri-duduk
--> Ini gampang permainannya. Anak-anak dibagi jadi 4 kelompok yang masing-masing memiliki nama (misal nama buah : anggur, apel, dll). Kemudian tiap kelompok diminta duduk di tempat berbeda. Setelah itu, kami, fasilitator menyebutkan salah satu nama kelompok. untuk yang nama kelompoknya disebut, kelompok tersebut harus berdiri dan yang lain duduk. Biar seru, fasilitator memulai memanggil dengan lambat kemudian dipercepat biar anak-anak pada bingung! heh3x! Ato, bisa dibuat variasi lain yang lebih seru. Misal yang berdiri 2 kelompok dan yang lain duduk ato tergantung kreatifitas. hohoho! O iya, kalo ada anak yang salah, ntar disuruh nyanyi ato ngapain gitu.
--> sebenarnya tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih konsentrasi dan memperhatikan.

Reporter Cilik
--> Ini permainannya lebih "dewasa" hoho! tapi ga kalah gampang. Mm.. sbnrnya masih ragu sih ini permainan bukan. Tapi cukup menarik jg. Tiap anak dibagi kertas dan nanti mereka akan mengamati dan mewawancarai teman mereka dalam satu kelompok. Materi wawancara sudah kami berikan sebelumnya. yaitu mengamati/menanyakan keadaan fisik mereka seperti warna rambut, mata, agama, TTL, dll. kalo udh, nanti dipresentasikan. Super simple.
--> Tapi walaupun simpel, dari kegiatan ini, anak-anak dapat belajar mengenal perbedaan dan juga menghargai. terus, dengan ini juga dapat melatih komunikasi mereka.

My Impression..

Yiah, untuk kelas kecil, seru bgt! mereka semua antusias n semangat.
tapi beda untuk kelas besar, ada anak2 cowo yang ga mau ikut main n susah di atur n bikin keributan mulu! Yang jelas susah bgt ditangani. Selalu ada aja alasanya n bikin stres!!! (kalo ga liat sendiri mungkin susah percaya)

Karena banyak anak kelas besar yang kesannya kurang semangat n ga mau nurut, kami jadi cukup sedih n down juga mo ngajar di situ lagi (malah gw ngerasa gagal! ;p). Tapi kami ngerti karena mungkin mereka kecapean karena habis olah raga n bersih2 kelas (ngepel jg! XD). N itu mungkin dijadiin koreksi n tantangan jg buat kami para fasilitator agar bsk2 bisa mengadakan kegiatan yg lebih WOW n bs mereka terima.. T.T sedih gw!

CU!
Ok.. segini aja dah ceritanya. Udah males. hehe. maaf blm ada foto or video. jadi kurang menarik tulisannya. Kapan2 bkal ditambah foto n videonya. hohoho!

Friday, November 13, 2009

Man, I Love Badminton!

Sebenarnya aku orang yang suka aktivitas yang butuh kekuatan fisik. so, sbnrnya aku jg suka yg namanya olah raga, tapi ga terlalu suka liat pertandingannya. Bahkan sepak bola aku juga ga suka. Ga bisa main lagi. hehe! Walopun sebenernya kadang pingin ngalahin tmn2 ku yg jago sepak bola. Mm.. aku lebih enjoy nglakuin olahraga atletik drpd permainan.

my badminton history..
Yeap, tp akir2 ini mendadak jadi suka sama badminton. Aku juga ga tau kenapa aku bisa suka banget sama olahraga ini.Tapi cerita awalnya mungkin dulu waktu liat pertandingan badminton  di olimpic 08. Ga sengaja liat pertandingan indonesia vs cina. pertama sih cuma liat sepintas. trus akirnya ikut nonton brg keluarga. ternyata lumayan seru jg.

 Tp setelah itu aku jd lupa lg klo suka badminton smpe akirnya di lapangan ksoong depan rumahku dibuat arena badminton sederhana. di situ banyak yg main dan aku coba ikut2an. hehe, yah walopun ga bisa sih. tp, klo bcr kapan aku pertama main badminton tu waktu aku msh SD. dulu dibeliin raket "ecek2" sm ortu. hehe. skrg udah bengkok dipake buat berantem. aku cm smpt main slama bbrp bulan sampe lapangan badmintonya digusur. T.T dan akirnya sampe bbrp bulan aku ga main lagi.

Today..
nah, baru2 ini (juli 09) aku ternyata dipertemukan dengan badminton lg. waktu KKN, aku nginep di wisma dharmaputrera, wisma mhs cowo UGM. di situ ada lap bdmintonnya. Di situ kmdn aku n bbrp temen KKN serta penghuni asrama mein badminton. Wah, seneng bgt dah pokoknya!!!

Nah, mulai saat itu aku bnr2 jatuhh cinta sm badmnton. Hampir tiap hari tmn KKN ku aku ajakin badminton. Untgnya dia jg suka badminton. So, hampir tiap mlm main badminton. Tp, krn permainanku yg jelek, maka aku kalah trs. maklum, br bbrp kali main (ngeless!)

How I love it..
Selain main badminton, aku juga jadi ketagihan downloat video2 pertandingan badminton dari youtube. Slain asik ditonton, aku kadang juga liat gmn atlitnya main n skalian belajar2 dikit. hehe. Selain itu, (confession time) di rumah klo ga ada orang, aku suka meragain gmn cara atlitnya mukul bola or jumping smash or apa aja dah. malahan, gw pernah mecahin lampu kamar, menyenggol tempat minum anjing gw, njatuhin buku2 n keselo gara2 mraktekin gaya2 pemain nya XD. hahaha!

yeap, yg jelas, badminton ini satu2nya olahraga yg bs bikin adrenalin ku naik. tiap nonton pertandingannya aja (apalagi indonesia yg main), aku lgs deg2an berharap mrk menang. really emotional klo nonton pertandingan badminton.

skrg, gw selalu update info ttg pertandingan badminton2. O iya, klo kalian yg suka badminton n pingin tau update pertandingannya LIVE, bs masuk ke :
http://www.badzine.info/
di situ bs kita liat updatenya dari mulai draw pemain, sampe detail perolehan skor yg diupdate langsung (per detik) slama bertanding. Btw, skrg aja aku br liat perkembangan skor di turnamen hong kong open 09. Wooww! Ini aja jantung gw mo copot liat perkembangan poin2 pemain yg aku andalin. (lebay ga sih?!)

O iya, ternyata aku emg ckp berjodoh dg badminton krn skrg aku pny tmn2 yang pasti mau klo diajak badminton. hohho! walopun kemampuanku masih jauuuuhh di bawah standar, tapi, paling ga aku bs olah raga n ngilangin stres n nyalurin hasrat main badminton yg dulu sulit tercapai. hehe!

Outro..
Yeap, bgtulah.. aku emg suka bgt badminton. And im proud that i love it. yeap, knp? selain krn emg aku suka, badminton adalah salah satu olahraga kebanggan indonesia karena (kynya) ini satu2nya olahraga yg bisa cukup sering mengharumkan nama indonesia di dunia internasional bahkan di olimpiade!!! hampir tiap olimpiade, indonesia bs dapet medali emas dari badminton. Olahraga yang skrg kurang didukung perkembangannya.

That's why.. I love badminton! Hohoho!

Thursday, November 12, 2009

Aku Diinjak Hantu??!

Tindihan? apa sih tu?

Ceritanya gini nih. Beberapa hari yang lalu aku bangun malem-malem waktu tidur. Tapi anehnya aku ga bisa buka mata. Trus badan juga ga bisa digerakin, kaya kaku gitu (mungkin ky gt ya rasanya ditotok klo di film2 kungfu, hehe). Terus aku paksa-paksain aja buat buka mata. Akirnya bisa kebuka, tapi cuma sedikit. pas itu juga rasanya kaya setengah sadar. Terus aja aku paksain buat buka mata ato gerakin bagian tubuh. Tapi tetep aja ngga bisa dan akirnya pasrah aja, kembali tutup mata dan akirnya tertidur lagi. Fiuuhh.. untung aja.

What they say?
Sebenernya aku udah sering mengalami hal mengerikan semacam itu. malahan kadang sampe bener2 ga enak rasanya, kaya mo mati (lebay). Pernah aku tanya sama ortu dan orang lain apa mereka juga pernah merasakannya. Ternyata banyak juga yang pernah mengalami hal itu. Biasanya, orang-orang menyebutnya tindihan yang artinya semacam.. tertindih gt. Kalo kata orang-orang jadoel, hal itu terjadi karena kita ga berdoa sebelum tidur dan ada setan yang nindihin badan kita sampe kita ga bisa gerak. dan yang ngeri lagi, kalo keterusan kita bisa mati karena sesak napas!!! hiii! serem ya ternyata. aku sih ga stgh2 percaya. tapi, pernah aku baca majalah kalo ternyata ada kesaksian yang menyebutkan bahwa, saat orang (yang bersaksi td) itu mengalami tindihan, ia mencoba membuka mata dan berhasil. Waktu buka mata, ia melihat ada genderuwo yang nginjak badannya. Wow! Fantasits! (XD). Aku juga pernah mencoba hal itu walopun susah bgt waktu mo buka mata. Tapi pernah berhasil n ga liat apa2 tuh!

Research
Nah, tapi kalo kata orang modern, hal kaya gt biasanya disebut ISP (isolated sleep paralysys) ato lumpuh waktu tidur (translatornya kurang well ;p). berdasarkan penelitian, hal ini biasanya terjadi pada :

  • orang sering tidur dg posisi terlengtang dan msh setengah terjaga
  • orang yang mengalami tekanan psikis n fisik (stres, frustasi, banyak kerja, capek, kurang tidur, dll)
  • orang yg tinggal di daerah yg scr geologis aktif (contoh : sekitar samudera pasifik, dll)
saat hal ini terjadi, orang memang sering merasa sesak napas dansusah bergerak. ternyata hal tersebut disebabkan karena kerja sistem pernapasan dalam menyalurkan udara kurang sinkron dengan tingkat kesadaran.
(credits goes to wrm-indonesia.org)

Some simple tips :
Karena udah sering tindihan, maka aku udah ga takut lagi dan punya beberapa  *tips ;p 
  • berdoa sebelum tidur --> walopun bukan karena hantu, kita tetap WAJIB berdoa sblm tidur n minta agar tidak tindihan (XD)
  • saat tindihan, cara melepaskannya --> jangan panik! tenang n rileks selama beberapa saat, baru setelah itu, secara tiba2 membuat gerakan untuk melepaskan diri dari tindihan. Btw, butuhkan kekuatan yang luar biasa untuk melakukannya!  
  • Setelah berhasil lepas, usahakan jangan langsung tidur. Tapi olahraga kecil dulu. bangun n gerakin badan. ambil minum atau ngapain. habis itu baru tidur lagi.
yeap, tapi klo emg udah keseringan tindihan, lebih baik konsultasi ke dokter. jangan ke dukun. hehe!

*)risiko jika melakukan tips bukan tanggung jawab gw

Saturday, November 7, 2009

Kegiatan Baru di Hari Sabtu (premiere editione)

Sekarang tiap Sabtu aku ada kegiatan baru. Sebenarnya kegiatan ini udah sektiar 5 minggu aku ikutin. Dimulai dari tanggal.. kapan ya, lupa, hehe! Yang jelas dimulai awal bulan oktober.

Sebenarnya aku juga belum tau nama dari kegiatan ini apa. kalo temen2 biasa menyebutnya sanggar. Yang jelas intinya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan pengembangan karakter pada anak2 dengan cara yang fun. Dan di sini, aku menjadi fasilitator alias "guru" untuk anak-anak tersebut. Terus kenapa yang diajarkan adaah pendidikan karakter?? Sebenernya ada sih visi n misinya. Tapi aku lupa apa aja. hehe. Klo aku rangkum (+menurutku sendiri, ;p), karena karakter yg baik dibutuhkan tiap orang agar tercipta kehidupan yang damai, tenteram n sejahtera. hohoho! Soalnya, sering kita lihat akir-akir ini banyak orang pinter, berkeahlian tapi moralnya kurang bagus. So, menurutku kegiatan dg tujuan smcm ini penting bgt dan hrs diajarkan mulai anak2.

Setelah 4 minggu pindah-pindah lokasi kegiatan, akirnya aku dapat tempat tetap yaitu di SD BOPKRI Sidumulyo (SDM) 2 yang letaknya di daerah Godean (prop DIY/jogja ;p).  Di SD SDM 2, aku ngajar bersama 3 orang teman yang juga baru kenal di kegiatan in, 2 cewek n 1 cowok (Cahya, Flo n yansen). Tapi, untuk hari ini, yang cowok blm nongol karena masih ada kesibukan.

Sampe di SD SDM 2..
Aku, Cahya n Flo berangkat jam 9.15 dari jogja dan sampe sekitar 20 menit kemudian di SD. SD SDM 2 ini letaknya di daerah yang nanggung (setengah desa n setengah kota). Suasana sekolahnya juga cukup menyenangkan karena deket sawah.  Sampe di sana, kita langsung disambut kepseknya yang cukup berwibawa, pak Sugimin.  

The Show Begin..
Setelah basa-basi dengan pihak sekolah, jam 10 langsung dimulai kegiatannya. karena ini pertama kami ke sana, jadi acara intinya adalah perkenalan dengan siswa-siswanya. Total siswa di SD ini sekitar 70an anak dari kelas 1-6. Bisa dibilang ga terlalu banyak untuk standar siswa SD masa kini. hehe. Karena tidak ada tempat yang cukup untuk menampung 70an anak2 tadi, akirnya mereka dibagi menjadi 2 kelas, kelas kecil (kelas 1-3), dan kelas besar (4-6). untuk yang kelas kecil dimulai jam 10, tapi kelas besarnya jam 11.30

Kegiatan Kami..
karena ini hari pertama, maka kegiatan yang diitekankan ialah perkenalan dan emotional bonding (bukan rebonding yaaa XD). Ada 2 kegiatan yang kami lakukan di sana :

1. Perkenalan

Acara pertama adalah perkenalan antara fasilitator (kami) dan juga adek-adeknya. Nah, supaya gak boring, maka untuk perkenalannya dibikin permainan. nam permainannya --> Apakah kamu menyukaiku? <-- permainannya kaya gini nih :
  • Pilih ambil satu kroban (hehe) dan suruh beridiri di tengah dan kemudian disuruh memperkenalkan diri (nama dan kelas berapa).
  • Kemudianpeserta (anak2) lain disuruh berdiri membentuk lingkaran ato kotak ato trapesium ato terserah dah (;p) dan memberi tanda pada tempat mereka berdiri (pake tas aja). Tempat yang sudah diberi tanda tadi tidak boleh dipindah-pindah.
  • Setelah itu, korban (yang tadi perkenalan) harus memilih satu teman (target) yang sedang berdiri di dalam lingkaran dan menanyakan nama dan kelas berapa. Setelah itu, korban tanya lagi, " apakah kamu menyukaiku???"
  • Nah, ini dia yang seru. Jika target menjawab, "aku menyukaimu", maka semua peserta harus berpindah tempat termasuk si target dan kroban. Tapi, kalo target menjawab, "aku tidak menyukaimu (ksian d lo! ;p)", si korban diminta bertanya lagi, "lalu siapa yang kamu sukai?". Nah, kemudian si target harus menjawab dengan syarat jawabannya harus merupakan jawaban deskripsi, misal, "aku suka dengan perempuan yang memakai gelang". nah, kalo jawabannya seperti itu, semua anak perempuan yang memakai gelang harus berpindah tempat termasuk si korban 9target ga usah) hehe!
  • nah, setelah semua berpindah, pasti kita dapetin lagi satu korban yang ga kebagian tempat. kemudian disuruh perkenalan lagi dan selanjutnya sama kaya di atas.
nah, karena waktunya cuma bentar, jadi cuma beberapa belas anak aja yang perkenalannya lewat permainan, yang lain kenalan seperti biasanya.

Selain permainan, itu, ada permainan lagi yang kami pake untuk perkenalan, tapi ceritanya kapan-kapan aja ya. hehe!

o iya, manfaat kegiatan ini --> supaya perkenalannya ga boring dan anak-anak lebih tertarik untuk mengikuti sanggar ini sabtu-sabtu berikutnya.

2. Pohon Aku

Nah, supaya antar fasilitator dan siswanya mudah mengingat satu dengan yang lain, kami inisiatif untuk bikin papan yang nantinya di tulis nama kami dan juga siswa-siswanya. Tapi biar lebih atraktif n makan waktu (XD), papannya dibentuk pohon dan dikasih nama pohon aku. hehe.

Pohon aku tadi dibuat sama si Flo, selain pohon, ada juga yang gambar/bentuknya laut. nah, terus gimana cara pakenya? Setelah permainan, anak-anak diminta untuk memnggambar 1 jenis buah (jambu, pisang, mangga, dll) di kertas warna yang udah kita kasih sebelumnya. kemudian di atasnya ditulis nama dan cita-cita mereka. kalo udah selesai, buah yang udh mereka buat tadi di tempel di pohon aku. nah, kalo untuk yang laut, gambar yang dibuat adalah benda-benda di laut ky ikan, kapal, dll.Setelah selesai tempel gambar-gambar di papan pohon n lautnya, papan tadi ditempel di sekolahannya.

kegiatan ini jg bukan cuma have fun doank, tp jg ada tujuan n manfaatnya, yaitu --> supaya siswa n fasilitator bisa terus inget nama satu dengan yang lain. Kalo lupa, tinggal liat ke pohon aku aja. hehe! So, dari sini bisa jadi modal utk membentuk ikatan awal dengan siswanya. hehe! Gt dah!

Selesai juga..

jam 12, kegiatan kami selesai. kesan-pesan di sabtu pertama :
  • Happy, karena bisa kenal sama adek2 yang lucu
  • Tau susahnya jadi guru, ngatur anak-anak yg kadang bandel2 n ribut. Apalagi kelas 5-6nya. hadooh.
Setelah selesai, kami ke ruang kepsek dulu untuk ngemil makanan yg udah disediain. lmyn, laper n haus soalnya teriak2 ke anak2nya. karena g habis makanannya, kita bawa pulang deh. hehe! trus mngurusi administrasi antr fasilitator (minta ganti duit beli peralatn.. hehe!) dan setelah itu, pamit n balik ke jogja.

Begitulah ceritanya.. hmm.. ga nyangka kalo mulai sabtu ini sampe beberapa waktu yang akan datang (bs setahun, 2 tahun or gtw..) bakalan jd temen bermain n belajar bareng anak2 SD SDM2.. huw.. smg menyenangkan! yay!

Thursday, November 5, 2009

Gampang Lupa

Buset bener! Kayanya aku bentar lagi jadi orang pikun. Apa-apa aku lupain, sampe-sampe hal-hal yang penting bgt juga terlupakan. Harusnya setiap hari senin aku ada kegiatan rohani yang notabennya WAJIB aku ikutin., soalnya itu menyangkut kelangsungan hubunganku n Tuhan (ceilee). Tapi udah 2 minggu aku lupa terus.

Minggu sebelumnya,  aku lupa n langsung tidur siang n akirnya keterusan tidurnya. malemnya bangun baru diingetin ortu. Terus senin kemaren, hampir aja aku lupa lagi. Untungnya ga sengaja liat temen yang rumahnya di sebelah rumahku mo berangkat ke kegiatan itu juga. Nah, dari situ aku langsung ingat kalo aku ada kegiatan. langsung aja aku mandi kilat n langsung berangkat. lumayanlah telatnya, hampir setengah jam.


Sebenernya, masih banyak lagi pengalaman-pengalaman yang serupa, mulai dari lupa naruh pensil yang baru aja aku pake sampe lupa naruh flashdisk yang ternyata masih aku kalungin di leher!

Some simple tips : 
Gara-gara sering lupa tadi, aku mulai cari-cari cara supaya bisa mengingat hal-hal yang harus aku lakukan seperti meeting, atau mengingat dimana aku meletakkan barang-barang yang udah aku pakai.
  1. Pasang reminder  --> Supaya tidak lupa kegiatan-kegiatan yang harus aku lakukan, aku sering pasang reminder/alarm di HP. Terus suaranya remindernya aku kencengin. Kalo perlu, buat reminder yang banyak untuk satu kegiatan supaya kalo reminder yang satu missed, msh ada reminder cadangan. Cara ini menurutku paling ampuh untuk mengatasi kebiasaan lupa kegiatan2 yang harus diikutin. O iya, jng lupa tulis detil tentang kegiatannya mulai dari tempat, waktu, yang harus disiapin, dll nya
  2. Sediakan tempat khusus --> Nah, kalo sering lupa dimana menaruh barang-barang yang baru dipakai, cara yang lumayan ampuh ialah membuat/menyiapkan tempat-tempat khusus penyimpanan barang. Contohnya, kotak pensil untuk menyimpan alat tulis (pensil, pulpen, pneggaris, dll), kotak untuk menyimpan perlengkapan komputer (flashdisk, CD, disket, memory card, dll), dan tempat-tempat khusus lainnya.
Masalahnya, gimana kalo mo pasang reminder aja lupa, trus lupa juga naruh tempat-tempat khusus yang udah disiapin??? (dudududu..) Yeap, yg jelas semuanya dimulai dari kebiasaan. Klo udah biasa, pasti ya terbiasa alias ga akan lupa. Klo perlu minta bantuan temen juga buat ngingetin. Klo msh lupa lagi?? Segera periksa ke dokter! Soalnya berdasar yang aku baca, itu tanda2 akan kena penyakit berbahaya, Alzheimer (coba cari di google, serem pokoknya)! Tapi masalahnya, mo ke dokter aja lupa! gmn donk??? Hmm.. Klo katanya Cinta laura sih, "WHATEVER!!!" 

Monday, October 19, 2009

Intro (About XoD, eXperience of Dika)

Aahh, here comes my second ever blog, setelah sekian tahun aku meninggalkan blog lamaku di friendster karena dihinggapi rasa malas untuk menulis. Tapi akirnya karena keseringan searching di google dan melihat banyak orang yang mulai menulis lewat blog, nafsu (XD) menulisku muncul lagi. Yeap, memang sih aku bukan seorang penulis. Tapi, semoga dari blog baru ku ini, aku bisa  dapat banyak manfaat ato paling ngga bisa menulis dengan lebih baik (sukur-sukur bisa jadi penulis pro, hahaha! <-- that's not my dream though).   

Sekilas tentang blog ini, eXperience of Dika (disingkat XoD), kenapa judulnya ky gtu? Ya karena isinya seputar itu n Dika itu namaku. hehe! Jadi isi dari blog ini kebanyakan diambil dari pengalaman-pengalaman ku yang (mungkin) cukup membosankan. Tapi, dari pengalaman tadi, aku mencoba mengambil hal-hal positif di dalamnya supaya bisa bermanfaat bagi aku sendiri ato yang membacanya.  

Selain itu, blog ini juga berisi sedikit hal-hal lain seperti opini atau seusatu yang aku sukain. So, i hope you'll enjoy n get "something" dari blog ini.


maaf, jika ada kata2 yang salah. T_Q!