Welcome here friends!
________________________________________
This blog is dedicated to someone there, my inspiration, my sun, my bias, my eternal love

________________________________________

Best regards, D.K. thx guyz

Cari Konten Blog Ini

Thursday, March 25, 2010

Iseng Chatting dengan Atlet Badminton

Badminton adalah olahraga yang paling gw sukai. Nah, di FB gw, gw ada akun beberapa atlet badminton nasional dan kemarin sempat chatting n dibales. Nah, kali ini yang sempat gw ajak chat adalah.. Nitya Krishinda Maheswari (kanan), salah satu pemain Women's Double Indonesia. Ngmng2 ttg Nitya, skrg dia n pasangannya, Greysia Poli adalah termasuk peringkat 10 besar dunia n nomor 1 di Indonesia. Hebat kan!

Ok, kbetulan ketemu, jadi gw nanya sekenanya aja. Semua pertanyaan yg tiba2 timbul ya gw tanyain. hehe!

Ini dia hasil chattingan gw :


=============================================
Dika
halo!
8:24pmNitya Krishinda
yup
8:24pmDika
kapan tanding badminton lagi?
o iya, aku ada pertanyaan.
8:25pmNitya Krishinda
april
apa?
8:25pmDika
biasanya yang nentuin tim ikut turnamen tu siapa ya??
ky misalnya ikut superseries, GP ato yg lain..
8:25pmNitya Krishinda
pelatih
8:26pmDika
btw, masih di pelatnas kan?
8:26pmNitya Krishinda
tp itu jg tergantung dr prestasi atlit na jg
8:26pmDika
ooo..
kalo misalnya ada pemain yang pingin ikut turnamen tanpa diminta pelatih bs ga?
8:27pmNitya Krishinda
iyh masih
hmm..gk bs deh
klo pertandingan na ss gt..
8:27pmDika
oo..
alasannya knp?
o iya, klo ikut pertandingan tu difasilitasi kan? tp klo misalnya pake dana sendiri?
8:28pmNitya Krishinda
klo ikut ss itu ada bates rangking na jg..
klo gak masuk jg ga bs...
klo pke biasa sndri ya bs...
8:29pmDika
oo..
o iya, kenal sm atlet bulutangkis luar negri ga?
8:30pmNitya Krishinda
ya knl
8:30pmDika
mm.. siapa contohnya?
8:31pmNitya Krishinda
pemain cina..yg double putri pastinyaa
korea..
malaysia
yah bnyk lah
8:32pmDika
wow.. biasanya slg kenal gt ya
ato skedar tau aja
8:35pmNitya Krishinda
yah kadang ngobrol jg
8:35pmDika
trs pake bhs apa dong? kalo sm china gt? bhs inggris ya?
8:35pmNitya Krishinda
iyalah,..



Dika
hehe. tp, masih sempet ngobrol jg ya waktu ikut pertandingan gt? biasanya kesempatan ngobrolnya kapan n dmn?
8:41pmDika
MM.. pertanyaan terakir..
dulu latihan apa yang pertama dilakukan saat mulai berlatih badminton?
8:42pmNitya Krishinda
pukul tembok
8:43pmDika
hah? pukul tembok?? gmn tuh?
mukul shuttlecock ke tembok gt ya? hoho.. ic2..
ywda, klo gt thx for chatting.
o iya, ntar chattingan ini aku masukkin blog ku ya. hehe. TQ!
mklm, br punya blog.

==========================================

begitulah chattingan iseng gw. hahaha! Sebenernya ada lg sih yg mo aku tanyain. yaitu ttg gmn biar jago main badminton. soalnya udah ga bisa2. XD

Credits : Nitya KM for the time.

Wednesday, March 24, 2010

Beyond The UAN (Ujian Akhir Nasional)

Minggu ini adalah minggu anak2 SMA menjalankan Ujian Akhir Nasional alias UAN. Ga tau kenapa gw jadi emosional bgt kalo ngomongin tentang UAN. Lebih tepatnya, gw selalu sedih ngliatin gimana orang2 melaksanakan UAN.
Gw masih inget banget, waktu itu ada beberapa temen SMA gw yang bs gw bilang cukup pintar di kelas yang ga lulus UAN. Dan tahun berikutnya, gantian adik gw yang ga lulus. Yeap, emg sih, menurut gw soal UAN, terutama matematika itu susah. Gw dlu termasuk termasuk pintar di kelas (hohoho!) dan cuma dapet nilai 5,6 utk mata pelajaran mtk. So, butuh ekstra belajar buat anak2 yg lemah matematikanya (ky gw).

Tapi gw sedihnya bukan karena UAN yang udah bikin temen2 gw tadi ga lulus. tapi, karena disini, kejujuran terlihat ga berarti bgt. Kenapa? Hmm.. kynya gw emg harus rada buka2an walopun ini udah jadi rahasia umum. Yeap, udah jadi adat kalo tiap UAN, pasti ada tim suksesnya. Tapi yg gw sayangkan, ini bukan tim sukses yang mengadakan kegiatan belajar bareng, doa bareng ato sejenisnya untuk lulus UAN. Tapi tim sukses untuk menyebarkan bocoran jawaban ke siswa yang sedang UAN. Gw ga mengada2 krn gw sendiri ditwari temen gw. Dan waktu itu gw tolak. Dan akirnya, ternyata yg gw takutin terjadi. Banyak temen2 gw yg biasanya prestasi bidang akademiknya ga bagus, bisa dapet nilai rata-rata 9. Dan gw tau, itu semua hasil ketidakjujuran saat ngerjain UAN. dan ternyata, temen2 gw yg menjunjung tinggi kejujura, berusaha belajar mati2an, cari duit bayar uan dengan susah payah, ga lulus.
Pas tahu hal itu, gw jadi superemosi. Sampe saat ini gw nulis pun gw jadi emosi sendiri.


Cerita lain terjadi di salah satu smp tempat tante gw kerja. lebih dari 50% siswa smp nya ga lulus karena pihak smp tidak membuat "tim sukses" supaya siswa2nya lulus. dan smp lain yang punya "tim sukses" (sialan) tadi 100% siswanya lulus. padahal sebenarnya prestasi keseharian sekolahnya sm aja sm tempat tante gw tadi. dan alhasil, saat penerimaan siswa baru, yang mendaftar sangat sedikit karena ortu2 yang daftarin anaknya mikir kalo sekolahnya jelek karena bnyk yg ga lulus. bener2 gw ga pernah nyangka kalo sekolah pun terlibat dalam hal itu, baik dari osis sampe guru2nya. ck3x! menurut gw, itu ga jauh beda sama korupsi. dan klo gt, kenapa masih bnyk orang yang demo korupsi, ga demo tentang kecurangan saat uan juga?!!!

Yg jelas, gw ga tau kenapa ga ada tindak lanjut dari hal ini.  gw ga percaya kalo pemerintah ga tahu ttg hal ini. kalo ky gini terus, mending UAN dihapus aja. Itu cm menyebabkan kepalsuan dalam hasil uan. dikira sekolahannya bagus krn siswa2nya lulus uan. eeee ternyata karena curang. Kalo ky gini terus, gw YAKIN, kalo bangsa indonesia, apalagi pendidikannya ga akan pernah maju.

yang jelas dari semuanya gw cm bisa bilang, curang ato ga curang saat ujian itu adalah pilihan dari tiap peserta UAN. dan tiap orang sah2 aja milih mana yg menurut mereka terbaik bg diri mereka. Tapi, segala sesuatu ada risikonya, dan setiap orang harus bertanggungjawb atas apa yang udah mereka pilih. Tapi, tetep aja, mana yang benar ga akan bisa diubah2.
Cuma2 orang2 pemberani n punya mental aja yang berani memperjuangkan yang benar. Karena kebenaran itu terlalu mahal harganya. 

Wednesday, March 17, 2010

Sanggar SDM 2 (6 maret 2010)

Sabtu ini acara untuk sanggar adalah permainan. Masih dengan tema menghargai, kali ini anak2 bakalan diajak untuk bisa mempraktekan apa yang udah diajarkan sebelumnya, yaitu menghargai orang lain. Tapi, tambahannya, kali ini ada juga unsur kerjasamanya. Intinya, kegiatan kali ini aalah permainan mengambil harta karun.

--------------

Hari ini aku berangkat rada telat ke SD Sidomulyo. Soalnya habis dari warnet nyusun laopran buat Sekolahnya. Selain itu, aku juga lupa buat bintang2 dari kertas buat reward anak2 yang baik n aktif dalam mengikuti kegiatan sanggar. So, harus gunting2 dulu bentar. Dan akirnya, waktu menunjukkan pukul 10 kurang 15. Langsung, kluarin motor, panasin bentar n wuuuuuuzzz.. ngacir ke SD Sidomulyo2. untung aja motor ku habis diservis, jadi asik buat kebut2an!

Setelah 15 menit ngebut ala valentino rossi (XD), akirnya sampe juga di SD. Untung aja ga telat. Soalnya minggu kemarin udah diminta utk ga telat. Yang sampe sana baru aku, mb cahya n thea. Seperti biasa, ternyata flo masih telat jg. hehe! Sampe disana, langsung salaman dengan guru plus anak2 kelas kecil.

karena ada tambahan pelajaran, anak kelas 4 ga bisa ikut kegiatan. yeap, gpp. Setelah anak kelas kecil keluar, anak-anak kelas besar mulai keluar juga. Dan seperti biasa, langsung pada nanya hari ini kegiatannya apa n pulang jam berapa. Ada juga yang katanya mau izin karena mau ke luar kota. ada juga yang bilang kalo capek. padahal aku tau klo mereka itu pasti bohong. hahaha! alasannya itu2 mulu sih. Tapi, karena aku tau mereka bohong, aku bolehin aja mereka pulang. Tapi, seperti yang udah aku tebak, mereka ga jadi pulang. wkwkwk!

Ok, akirnya sanggar pun dimulai. Setelah semua masuk kelas, kemudian aku dan thea memulai dengan doa. Setelah berdoa, kemudian kami menanyakan PR minggu kemarin. Ternyata ada beberapa anak yang mengingatnya walopun ga semua. Tapi lumayanlah. Terus kami berdua menjelaskan maksud kenapa kami menyuruh mereka menyimpannya, yaitu karena kita perlu menghargai barang pemberian orang lain.

Setelah review kegiatan minggu kemarin, kami menjelaskan kegiatan kali ini, yaitu permainan mencari harta karun. Yaay! Kayanya anak2 kliatan cukup senang karena tau kalo kali ini akan dapat hadiah lagi XD. (Mungkin tiap sanggar harus bawa hadiah biar mereka nurut). PErmainannya simpel, yaitu anak2 diminta berkelompok 10-13 orang. Kemudian mereka diminta berdiri melingkar dan setiap anak diikat rafia yang kemudian ikatan masing2 anak disambungin ke botol berisi air yang diletakkan ditengah mereka. nah, setelah semua terikat dengan benar, tiap kelompok diminta bbalapan mengambil harta karun yang telah diletakkan di suatu tempat yang sebelumnya udah dikasih rutenya.

Waktu pembagian kelompok, ada sedikit masalah karena anak cowok gambung dengan anak cowok, dan cewek dengan cewek, sehingga ada beberapa anak cowok yang belum dapet kelompok. Awalnya ga ada yang mau pindah dari kelompoknya masing2. namun setelah dibujuk, akirnya ada sebagian anak cewek dan cowok yang mau gabung sama anak2 terlantar tadi (;p).

karena permainan ini permainan outdoor, maka anak2 disuruh keluar dan masing2 diberi peralatan yang harus dijelaskan. Kemudian biar lebih semangat, fasiliator mengajak anak2 untuk membuat yel singkat. hehe. nah, kebetulan aku gabung sama genk anak2 cowok yang rada bandel. Awalnya ngira mereka anak ga nurut saat dikasih tau. Ternyata, mereka semua asik diajak kerja sama. Mungkin karena setiap mereka bandel, para fasilitator ga pernah marah n memberikan penjelasan dg sabar shg akirnya mereka sadar jg. hahaha!

PErsiapan permainan ini jadi agak lama karena ternyta si thea yang bawa peralatannya beloum motong2 tali rafia yang dibawa. Alhasil aku n fasilitator lain motongin talinya dulu. Anak2 aku suruh nunggu di bawah pohon sambil terserah ngapain. Asal jangan nmengganggu temannya atau pulang. Sebenarnya aku mo minta bantuan anak2 sih, tapi sengaja ga bilang, nunggu ada yang mau berniat mau bantuin ga. hahaha. Ternyata ada juga yang mau bantuin beberapa anak. Mungkin karena ga sabar kok lama bgt ga selesai2 motong talinya.

Setelah 15menitan  memotong tali sambil berpanas2an, akirnya persiapan selesai dan semua kelompok diminta siap di garis start. Awalnya kelompo yang isinya cewek semua rada mengeluh karena botol yang dipake sedikit lebih besar dari kelompok lainnya. Tapi, kami fasilitator ngasih semangat pad mereka agar jangan mau kalah sama kelompok yang lain, apalagi yang cowok. Buktikan kalo cewek jg bisa lebih jago dari yang cowok. Yeap, n setelah itu, mereka jadi semangat lagi.

Setelah semua beres, permainan pun dimulai. Temanku dhani (fasiliatator jg) yang memberi aba2 untuk mulai. Dan 3.. 2.. 1.. mulai!!! akirnya dengan kesusahan mereka mencoba berjalan melewati rintangan untuk mengambil harta karunnya. dan ternyata, bener, anak ceweknya cepet banget dan yang paling awal dapetin harta karunnya. kelompok lain yang melihat hal itu kemudian ga mau kalah n menambah kecepatan. tapi tetap aja yang cewek udah lumayan jauh meninggalkan yang lain. tapi, saking cepatnya, ada anggota kelompok yang kesrimpet dan jatuh n keseret2. wkwkwkwk! untung aja air di dalam botol cm tumpah sdkt. dan untungnya lagi, anak yang jatuh (namanya priska) ga nangis n tetep semangat supaya bisa menang). Dan akirnya setelah 10 menitan, kelompok yang cewek sampe duluan, disusul kelompok cewek-cowok dan terakir yang cowok. hahaha, kalah ternyata kelompok anak2 cowok garang. hahaha! padahal aku lihat persiapan mereka paling bagus karena sebelumnya, mereka udah bikin taktik supaya bisa cepat jalannya.

Karena waktu udah menunjukkan jam 11, anak2 kemudian diminta langusng balik ke kelas dan istirahat bentar. kemudian fasilitator melakukan refleksi dari kegiatan yang baru aja dilakukan. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan doa. kali ini yang berdoa diminta dari anak2. dan seperti biasa, ga ada satu pun yang mau. Kemudian, aku milih si freddy. aku lumayan akrab sama ni anak. jadinya, pasti gampang bujuknya. awalnya sih ga mau juga. tapi aku n fasilitator lain ngasih semangat ke fredy. krn masih ga mau, aku kmdian ngajak anak2 lain untuk ksh semangat ke freddy n aku bilang kalo aku percaya si freddy pasti bisa. dan akirnya, dia mau. yaaaaay! setelah doa selesai, anak2 pulang dan sebelum pulang mereka jabat tangan n tos dulu sama fasilitatornya. hehe!

kesan pesan

hmm.. kynya dari hari2 sebelumnya, hari ini merupakan hari yang paling menyenangkan. soalnya anak2nya udah mulai bisa diajak kerjasama dg fasiliatator nya. trus, mereka semua semangat n ga rewel ky biasanya. pokoknya senang bgt dah hari ini! hehe!

tapi sayangnya, cahya lupa bawa kamera. jadi ga ada foto2nya T.T tidaaaaaaaaaaaak!!!

Saturday, March 6, 2010

Sanggar SDM 2 (27 Feb 2010)

Karena males nulis, postingan yang harusnya aku tulis seminggu yang lalu baru aku tulis sekarang..

yeap, selalu sama kaya sebelumnya, pertama yang aku lakukan adalah berangkat ke SD Sidomulyo 2 di daerah Godean sana. Aku agak telat karena.. apa ya aku jg lupa (udah smgu nih!). Sampe sana ternyata bener, temen2 fasilitator yang lain udah pada datang n anak2 udah pada selesai pelajaran sekolah.

Sampe sana trus salaman dulu sama guru2nya yang sampe sekarang blm hafal2 juga namanya XD. Selain itu, anak2 yang baru aja selesai pelajaran langsung datang ke para fasilitator buat salaman. hohoho! senangnya! berasa jadi guru. tapi sayangnya cuma anak yang kelas kecil doank yang ngasih salam. yang kelas besar masih rada jaim n malu mungkin. hihihi!

yeap, kali ini kegiatannya adalah membuat hiasan dari gelas plastik (aduh! plastik lagi!) . Sebenarnya aku ga terlalu suka memakai barang2 yang susah didaur ulang ky plastik gt. apalagi kalo tau nantinya bakal dibuang.YEap, tapi gapapa. paling ga bs jadi penglaris pengusaha plastik XD. kegiatan kali ini ga sekedar bikin hiasan aja. tapi hiasan yang udah dibuat tadi dituker ke tmen dekat ato temen yang paling disayangi (cihiii!) dan harus disimpen minimal sampe minggu depan. Dan sebenarnya, tujuan dari kegiatan ini adalah, mengajarkan pada anak2 untuk bisa menghargai pemberian orang lain.

satu hal yang paling susah saat menjadi fasilitator di SD Sidomulyo ini adalah, mengkondisikan anak2 supaya tidak ribut n gaduh sendiri. yeap, apalagi pasti sebelum kegiatan dimulai, banyak anak yang minta pulang. tapi, dengan kesabaran fasilitator meminta alasan kenapa mau pulang dan menjelaskan juga kegiatan kegiatan kali ini. dan akirnya, well done! semua mau ikut kegiatan sangar! yea!!!

awal kegiatan blm mantep kalo blm diawali dg doa. karena untuk mengefektifkan waktu, maka yang berdoa fasiliatornya, yaitu aku. hahaha! Sebelum kegiatan dimulai,  aku dan thea (fasilitator) mengumumkan kalo ada yang ultah! yea! happy birthday! yang ultah ada 2 orang lagi. cewek n cowok, namanya ian dan nur. habis itu, aku n thea ngajak anak2 lain untuk ngajak nyanyi selamat ulang tahun plus kasih selamat ke mereka.

habis itu, kegiatan langsung dimulai. perama anak-anak dibagi jadi beberapa kelompok terserah meeka. terus aku n thea bagiin perlengkapan buat bikin hiasannya ke masing2 kelompok. untungnya gaada yang rebutan walopun masih ada anak2 yang minta ke temannya dengan cara paksa XD. setelah itu kegiatan dimulai. semua anak ramai n masih pad cari2 kelompok. tapi ternyata si alda, anak yang katanya paling bandel itu udah duduk berkelompok bareng temen atu gengnya n mulai bikin hiasannya! hohoho! kynya si alda ini ga bandel2 tuh. malah bisa ngasih contoh ke temen2nya. emg sih, kadang kata2nya agak kasar n suka jailin temnnya. hehe!

yeap, awalnya aku pikir anak2 bakal bingung mo buat apa. soalnya aku sendiri kalo disuruh bikin juga bingung mo bikin apa. eh, ternyata ada beberapa kelompok terutama kelompoknya alda n anak2 cewek yang udh bikin hiasannya. n hiasannya bagus2. diluar bayanganku. hahaha..

saat kegiatan ini berlangsung, suaranya udah bener2 rameee!! tapi gpp krn mereka rame berdskusi mo buat apa n pinjem perlengkapan temen yang lain. dan yg ga ketinggalan, ada jg yang udah merengek minta pulang XD. Selagi mereka sibuk bikin hiasannya, aku n thea mendata nama n tanggal lahir anak2 supaya lain kali kalo ada yang ultah, kita bisa tau n sp tau bs nyiapin surprise.

Ternyata lama juga anak2 bikin hiasannya. mungkin karena ngerjainnya sambil lari kesana kemarin gangguin temen2nya. Dan akirnya setelah hampir setengah jam lebih bikin hiasan, waktu dihentikan karena takut kelamaan. Kemudian aku n thea minta anak2 nunjukkin hasil hiasannya. ---singkatnya (ud males nulis XD)-- hiasan ditukerin ke temen paling dekat n disimpen n dibawa lagi di pertemuan minggu depan. selesai... fiiuuh..

Sanggar SDM 2 (20 Feb 10)

Wah, telat nih mo nulis review kegiatanku bareng anak2 di SD sidomulyo 2. Ok,2 untuk hari ini kegiatannya adalah, jalan2!

Seperti biasa, kami para fasilitator sampe di SD jam 10. Sampe sana, kami semua langsung mengumpulkan anak-anak di halaman sekolah untuk persiapan jalan-jalan. Waktu dikumpulin, seperti biasa, anak-anak pada minta pulang. oooh, sedihnya.. tapi setelah dibujuk n diiming2i hadiah, akirnya anak-anak mau ikut jalan2.

Sebenarnya, tema bulan februari adalah menghargai. Nah, untuk kali ini, kami akan belajar untuk menghargai lingkungan dengan cara menjadi malaikat bagi lingkungan kita. (bahasanya malaikat karena biasanya anak2 sering denger ttg kisah malaikat pelindung gt). Trus, kegiatannya jalan2 di sekitar desa. Sambil jalan2, anak2 diminta untuk memungut sampah yang tidak dibuang pada tempat sampah.

awalnya kami para fasilitator cuma pingin ngajak jalan2 di sektiaran aja. trus ntar mampir ke lapangan voli n istirahat sambil bagi2 hadiah yang udah dibawa tadi (makanan kecil ;p). Tapi, seorang guru memberi tahu kalo ada waduk kecil di dekat situ. Ternyata anak2nya juga pada tahu n akirnya kita ke sana.

Anak2 diajak jalan berbaris dua-dua. tapi baru 5 menit jalan, barisan udah bubar dan pada mencar sendiri2. ada yg jajan, ada yang mampir rumahnya dulu (karena mo balikin tas). yeap, di jalan plastik dibagiin sama thea (fasilitator lain). pertama cuma cewe2 yang mau dikasih plastik. untungnya ada si alda, siswa cowok yang mulai tanya2 ke thea buat apa bawa2 palstik. Trus si thea ngasih tau ke alda kalo plastiknya buat mungutin sampah. akirnya si alda lgs minta n dibagiin ke temen2nya. wow, tumben2an nih! krn alda ini di sekolah terkenal bandel! hehe!

awalnya sih anak2 serius ngambilin sampah. eeh, baru jalan 5 menit, udah mulai ada yang jailin temennya. sampah yang ada di plastik malah dibuang lagi ke jalan. dll nya! XD aku cukup kesulitan ngatur mereka karena bingung juga mo ngomong apa (btw, aku orangnya rada krg bias bergaul. hehehe!). Ya udah, akirnya aku nyerah n biarin mereka berbuat seenaknya. Tapi kalo udah ada yang terlalu, aku ingetin mereka (tapi ga pake marah, karena emg kita dituntutut utk ga blh marah!).

Akirnya sampe di waduk juga setelah jalan sekitar 20 menitan.wow, lumayan enak juga tempatnya. udaranya sejuk n waduknya dikelilingi phon2. sayang ga bisa main air karena model waduknya tu ky kolam raksasa. kalo nymplung, ga tau deh bisa naik apa enggak. Sampe di sana, si thea yg ambil kendali. dia kemudian tanya2 ke anak2 gmn perasaan mereka. Dan semua anak jawab.. CAAPPEEEEK! ada jg yang teriak.. kapan PULAAANGHYAA?!! (yah, mulai lagi deh!). tarus ditanya siapa yang kumpulin sampah paling banyak. kebanyakan yang ngumpulin sampah anak2 cewek. tapi anak2 cowo jg ada. setelah itu, thea njelasin tujuan dari kegiatan hari itu. tapi seperti biasa, malah pada ribut sendiri. tapi akirnya setelah dinsihati, bisa lumayan tenang.

Saatnya pemberian hadiah! Hadiah karena udah ngumpulin sampah diberikan ke perwakilan anak2 yaitu si alda yang udah mau dengan kesadaran sendiri bantuin ambil sampah. yeaaaa!!! trus kita foto2 dulu bareng (sayang blm dpt softkp fotonya dari thea) n balik ke sekolah.

Di perjalanan balik ke sekolah, anak2 langsung pisah sendiri2. ada yng langsung pulang juga. sampe di sekolah pun, masih ada anak yang mengeluh krn ga kebagian hadiahnya. hehe! tapi gpp, lain kali dikasih lagi kok!

yah, begitulah kegiatan hari ini. lumayan capek juga.

Thursday, March 4, 2010

Kenapa Gw?!!