Welcome here friends!
________________________________________
This blog is dedicated to someone there, my inspiration, my sun, my bias, my eternal love

________________________________________

Best regards, D.K. thx guyz

Cari Konten Blog Ini

Monday, November 1, 2010

Oli Oplosan

Akirnya setelah berbulan2 ga nonton Reportase ivestigasi, sabtu minggu lalu aku bisa nonton lagi. Waktu itu, yang sedang dibahas adalah tentang oli oplosan.

Yeap, begini ceritanya..

Ternyata sekarang banyak dijual oli2 oplosan eceran.  Sebut saja nama pembuatnya Dulkipli (XD). Sampe sekarang, udah 3 tahun dia menajalani bisnis oli oplosan tadi. Tapi, ia ga sendiri melakukannya, tapi bareng temannya. Biasanya dia dan temannya mengumpulkan oli bekas bengkel, travo atau mesin yang didapat dari teman ato beli ke bengkel.

Cara membuat oli oplosan (hanya info, tidak untuk ditiru!)

  1. campur oli bekas dengan minyak tanah agar encer dan juga bahan kimia BE (ato BI, ato apa lupa.. bleaching apa gt.. XD). fungsinya, agar 
  2. masukkan H2SO4 ke campuran tadi supaya kotoran di oli terpisah.(semuanya ada takaran nya supaya hasil tidak gagal)
  3. aduk dan diendapkan kira2 1-2 malam.
  4. campuran yang udah diendakan, dimasak krg lebih 2 jam
  5. masukkan BE lagi.
  6. saring dengan kertas minyak
  7. stelah jernih, oli oplosan siap dipasarkan

Pemasaran

Biasanya,  dulkipli menjual oli oplosannya keliling-keliling ke bengkel ato kios yang emang juga udah biasa jual oli olposan. ckckck! Oli ini cukup mudah di pasarkan karena kaa dulkipli, belum pernah kena razia untuk oli oplosan ini. Yang dijual biasanya adalah oli mesin karena banyak dicari dan hasilnya mirip aslinya.

Untung

Bayangin, untungnya besar juga. Harga oli bekas yang ia beli hanya 1500 rupah per liter. Biasanya ia jual dengan ukuran drum. Untuk dalam kota, 1 drum dihargai 1 - 1,8 juta. Untuk luar kota, bisa mencapai 2,3 juta. ckckck! dan per drum, dia bisa untung sebesar 500ribu. 1 bulan, dia dia bisa jual sebanyak 30 drum. Soooo, untung per bulan untungnya bisa sampe... 15 juta rupiah!!!! Tidaaaaaaaaaaaak!

Tips membedakan oli asli ato palsu

Oli oplosan bisa merusak mesin. so, kita harus hati2 saat membeli oli agar tidak salah beli yang palsu. Beda oli asli dan palsu adalah :
  1. kemasannya jelas beda.  Lihat merk, kemasan rusak ato ngga, dll.
  2. warna oli oplosan tidak sejernih yang asli
  3. bau oli oplosan berbeda dengan yang asli
  4. biasanya kalo kendaraan udah kemasukan oli oplosan, akan muncul warna hitam di balik tutup oli mesin yang ada di kendaraan.

Ok, itu aja infonya. semoga berguna!


=====================
credit :
berita :reportase investigasi
gambar : www.mediaindonesia.com
=====================