Welcome here friends!
________________________________________
This blog is dedicated to someone there, my inspiration, my sun, my bias, my eternal love

________________________________________

Best regards, D.K. thx guyz

Cari Konten Blog Ini

Monday, January 31, 2011

Menjenguk Merapi

di foto dari utara ke arah jogja pas kami sampe 

Beberapa hari yang lalu aku dan teman2 pergi ke merapi. Setelah 2 bulan erupsi, aku belom pernah ke daerah merapi lagi. Terakir adalah bulan september. Waktu itu ada kegiatan di daerah pangukrejo, daerah yang juga terkena dampak erupsi merapi.

Aku dan beberapa temen kumpul jam setengah 6 dan jam 6 lewat dikit, kami berangkat. Saat itu, tujuan kami adalah ke dusun kinahrejo, tempatnya mbah maridjan, karena di sana adalah daerah yang paling parah terkena erupsi. Beberapa km sebelum tiba, di lokasi, aku melihat sekitar n sepertinya ga terjadi apa. Tidak ada rumah yang rusak dan pohon2 masih berdiri dengan anggun.

Setelah sekitar setengah jam perjalanan, akirnya aku sampe di desa umbulharjo, dimana terdapat dusun pangukrejo tempat aku ada kegiatan camp bulan september lalu. Awalnya keadaan juga masih kelihatan baik2 saja sampai akirnya aku mulai melihat pepohonan yang kering kerontang. Dan akrinya, sampe di daerah pangukrejo dan.. OMG! Suasanya mengerikan!!! 180 derjat berbeda dengan kondisi aku camp dulu. AKu sama sekali ga mengenali daerah itu. Bahkan, aku sempat mencari-cari rumah tempat kami camp dan ga ketemu. OMG!.

Sebelum sampai di daerah kinahrejo, kami harus membayar tiket masuk. 1 motor harganya Rp 5000. Murah kalo dibandingin keadaan warga di sana yang sudah kehilangan semua hartanya. Selama perjalanan, kami disughi pemandangan padang rumput kering. Padahal, sebelumnya, sekeliling kami adalah hutan lebat. AKu teringat dulu waktu ada acara pelantikan pengurus di kampus. Kami juga naek motor melewati daerah ini. Aku masih ga percaya daerah di sini jadi semengerikan ini! Setelah menikmati pemandangan mengerikan, akirnya kami tiba di tempat parkir untuk wisata lava.

Setelah trun dari motor, aku mulai melihat sekitar. Dulu yang bisa dilihat hanya pohon2 tinggi. Tapi sekarang kosong blong kaya di padang pasir. Ternang benderang dan aku bisa melihat merapi secara jelas bgt. Sebenarnya kami masih bisa naik lagi. Tapi karena ga boleh pake motor, akirnya kita jalan. Aku masih ga percaya dengan kondisi daerah ini. Aku kembali teringat kalo dulu motorku pernah ga kuat naik di tanjakan jalan yang saat ini aku lewatin. Hahaha.. tapi dulu sekelilingnya hutan. Tapi sekarang ga ada penghalang sama sekali untuk melihat sekitar. Bahkan kota jogja pun kelihatan jelas. Indah banget dah!

Akirnya setelah jalan sktr 1 km, kami sampai di batas maksimal pengunjung boleh berwisata. Di sana, kami mulai mencari2 tempat kami dlu liat pelantikan jadi pengurus himpunan mahasiswa statistika adek angkatan. AKirnya ketemu setelah kami juga menemukan bekas rumah mbah maridjan. Rumah?? ga ada rumahnya sekarang. Cuma tanah ksong yang dibatasin pagar. Ckckck. Sepertinya rumahnya telah terkubur pasir. Sama juga seperti tempat kami melihat pelantikan dlu yang juga merupakan rumah adik mbah maridjan, tepat di atas rumah mbah maridjan. Huhuhu.. sedih juga melihat keadaannya. Udah ga bersisa sama sekali. yang dahulu hutan, sekarang menjadi padang pasir. Ckckck.. Memukau sekaligus mengerikan.

Yeap, setelah capek melihat2 keadaan, kami akirnya memutuskan untuk pulang. Namun, sebelumnya kami mampir dulu ke tempat yang bernama Kali Kuning. Ini salah satu tempat favoritku di daerah Kaliurang. Dan aku udah sering bagnet ke sini. Seperti namanya, tempat ini adalah sungai yang diapit 2 bukit. yang timur membatasi dengan kinahrejo, dan yang barat dengan kaliurang. Ini tempat favorit buat makrab, termasuk prodi ku.

Setelah melewati jalan batu yang menyiksa motor, akirnya kami sampe. Di sini, kami parkir dan bayar Rp2000. Murah. hahaha.Dan setelah jalan sedikit, akirnya sampai juga ke jembatan kali kuning, jembatan yang dlu sering kami pake foto2. Dulu tempat ini indah banget. Banyak pohon2. Sekarang pohonnya udah kering kerontang. Jembatannya pun rusak2. Tapi untungnya masih bisa dilewatin. Setelah puas melihat2, kami pun pulang.

ini dia beberapa foto yang kami ambil :


dulunya bangunan semua, termsuk tempat kami mengunjungi adek angkatan yg baru pelantikan

di depan rumah mbh maridjan (mana rmhnya??? XD)

krat softdrink setelah terkena lahar

mobil reporter TV yang menjadi korban

jembatan kali kuning yang indah

jembatan kalikuning stelah kena erupsi

pemandangan di sekitar selokan kali kuning yang indah..

di selokan yang sama setelah erupsi

ini di daerah kinahrejo (bebeng klo ga salah)

coba cari tempat yang ada di gambar di atas dalam gambar di bawah ini 


Tuesday, January 4, 2011

Matahari Bercincin Pelangi

Pagi ini aku baru ngenet di kampus. Tiba2 pas buka facebook, udah bnyk yg heboh update status ttg matahari bercincin. Ternyata, siang ini matahari bersinar terang dan matahari itu dikelilingin oleh lingkaran pelangi. wah, keren banget!

Selain banyak yang terkesima dengan fenomena itu, ada juga yang merasa sedikit was2 takut bahwa fenomena yang langka ini merupakan suatu pertanda yang kurang baik. hmm.. tapi.. kalo pelangi.. itu sih kynya pertanda baik. hohoho.

Tapi, kalo aku sendiri ga terlalu terkejut dengan fenomena itu karena emg wajar kalo terjadi hal itu. malah dulu waktu smp ato sma, pernah dijelasin jg ttg fenomena semacam ini. ini kan sbnernya hampir sama dengan fenomena munculnya pelangi seperti biasanya.

Nah, biar lebih jelas, ini nih penjelasannya..

Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena pelangi di sekeliling matahari adalah cincin atau Halo matahari. Hal itu disebabkan pembentukan kristal es di awan, lalu terjadi pembiasan sinar matahari sehingga menimbulkan efek pelangi.

Sedangkan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, halo matahari adalah lingkaran pelangi yang mengelilingi Matahari. Halo juga bisa terjadi di sekitar Bulan pada malam hari. Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya Matahari oleh uap air di atmosfer sehingga terlihat seperti pelangi.


penjelasan itu aku kutip dari : rizkythea


Ternyata, fenomena ini emang udah pernah terjadi di daerah lain juga di indonesia seperti bogor. 


Nah, buat yang belum pernah liat, nih, aku kasih foto2nya yang aku ambil dari fesbuk temen2ku yang waktu itu langsung upload foto matahari bercincin pelangi yang terjadi di jogja..


credit to : adinovi
 credit to : arda

credit to : ayu ws

credit to : capung satu

credit to : gempur


credit to : magdalena s

credit to : sapu
credit to : sofy